Upacara Adat Melasti

Upacara Adat Melasti

Upacara Adat Melasti

Upacara Adat Melasti adalah upacara pembersihan diri dan permohonan kepada alam semesta menjelang Hari Raya Nyepi. upacara melasti bertujuan untuk menyucikan jagad raya beserta seisinya. Dunia ini telah dikotori oleh manusia maka dari itu manusia berkewajiban membersihkannya kembali melalui ritual melasti. Dalam konsep Trihita Karana, umat manusia berhubungan dengan alam, sesama manusia, dan Tuhan. Oleh karenanya, sebelum berhubungan dengan Tuhan dalam perayaan Nyepi, umat Hindu harus menyucikan jagad raya terlebih dahulu melalui upacara melasti.

Prosesi Upacara Melasti diawali dengan mengambil ‘Toya Suci’ (air suci) di Sendang Beji. Selanjutnya umat berkumpul di Pura Jagadnatha, Plumbon, Banguntapan, Bantul guna memanjatkan doa.

Selanjutnya rombongan dengan menggunakan kendaraan dan membawa berbagai uba-rampe menuju Pantai Parangkusomo, Bantul yang berjarak sekitar 30 km dari Yogyakarta untuk melangsungkan upacara Melasti. Di Pantai Parangkusumo, setelah semua umat melantunkan Puja Tri Sandya dipimpin Ida Putra Begawan Patra Manuaba, semua sesaji yang mereka bawa dilarung ke tengah lautan. Puncak acara diakhiri dengan labuhan sesaji.

Author: 
author

Related Post

Leave a reply