Seminar Nasional : Menuju Indonesia Mandiri: “Peran Strategis Bendungan Guna Mendukung Pembangunan Nasional”

Seminar Nasional 5th CIA

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dengan kekayaan alam melimpah yang tersebar dari ujung barat hingga ujung timur wilayahnya. Tentu hal ini menunjukkan betapa besarnya potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia. Salah satunya ialah potensi air di Indonesia yang mencapai 3,9 triliun m3. Namun ironisnya,  baru sekitar 0,35% yang dimanfaatkan.

Sumber daya alam berperan sangat besar dalam menghasilkan energi yang penting dan strategis untuk keberlangsungan hidup dan pembangunan manusia. Sebagaimana yang tercantum dalam Nawacita Presiden Joko Widodo bahwa ketahanan air, kedaulatan energi, dan kedaulatan pangan adalah kemandirian yang dapat diraih melalui pemanfaatan sumber daya air, khususnya bendungan.

Bendungan memang merupakan pilihan yang paling sering digunakan di Indonesia dalam mendayagunakan potensi sumber daya air. Perlu pengetahuan yang mendalam demi mewujudkan bendungan yang tepat, efektif, dan efisien. Tentu kita tak ingin potensi yang besar menjadi sia-sia dan terlewatkan begitu saja hanya karena kurangnya pemahaman masyarakat. Kita harus mempertimbangkan dengan seksama mulai dari proses perencanaan dan perancangan, konstruksi, pemanfaatan, hingga pemeliharaan.

Melihat betapa pentingnya topik bendungan ini, Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil, Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, terinspirasi untuk mengangkatnya dalam acara Seminar Nasional bertemakan Menuju Indonesia Mandiri: “Peran Strategis Bendungan Guna Mendukung Pembangunan Nasional” sebagai salah satu acara yang terangkai dalamacara 5th Civil in Action yang bertemakan “Empowering Infrastructure Development Towards A Leading Nation”. Harapannya dengan adanya acara ini, acara ini mampu mengajak masyarakat untuk ikut serta berperan aktif dalam menyongsong Indonesia yang makmur dan sejahtera. Acara ini ditujukan sebagai wadah olah pikir dan karya para partisipan untuk melahirkan generasi yang inovatif dan kompetitif. Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan para akademisi, praktisi, masyarakat, dan pemerintah untuk saling kerja sama menuju Indonesia yang lebih baik.

Pokok bahasan yang beragam diuraikan secara spesifik dengan narasumber yang ahli di bidangnya. Dengan Keynote speaker Dr. Ir. M. Basoeki Hadimoeljono, M.Sc. yang merupakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. Selain itu, akan ada pula talkshow dengan narasumber dari pihak yang berkecimpung di dalam dunia perairan dan pemaparan paper oleh dosen dari Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan. Tidak ketinggalan pula pleno sebagai bagian dari acara Seminar Nasional yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 7 Mei 2016 di Auditorium Grha Sabha Pramana lt. 1 Universitas Gadjah Mada.

Melalui Seminar Nasional ini, Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada berharap akan tercipta generasi yang memahami pentingnya bendungan bagi bangsa. Kemudian dengan pemahaman tadi, masyarakat mampu berkontribusi lebih dalam pemanfaatan sumber energi terbarukan demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia. Mari bekerjasama membangun negeri!

Related Post

Comments are closed.