Bentara Budaya Yogyakarta

Bentara Budaya Yogyakarta

Bentara Budaya Yogyakarta

Bentara Budaya Yogyakarta yang beralamatkan di Jl. Suroto 2 Kotabaru, Yogyakarta 55224, Indonesia No 55224 merupakan lembaga kebudayaan di bawah naungan Kelompok Kompas Gramedia. BBY biasa digunakan untuk mengadakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan seni budaya seperti pameran (lukis, foto, keramik, grafis, patung), pemutaran film, launching dan diskusi buku, pentas musik rutin Jazz Mben Senen,

Bentara Budaya didirikan di Yogyakarta, pada tanggal 26 September 1982, ditujukan untuk menampung dan mewakili wahana budaya bangsa dari berbagai kalangan, latar belakang dan cakrawala yang berbeda.

Setelah Yogyakarta, menyusul berdiri Bentara Budaya Jakarta yang berlokasi di Jalan Palmerah Selatanbentara 17, Jakarta. Eksistensi Bentara Budaya Jakarta ditandai dengan pameran keramik Studio Titik Temu Tembikar, oleh pengrajin Liosadang, Purwakarta dan dimotori oleh seniman Adi Munardi (alm), tahun 1985.

Bentara Budaya Yogyakarta dan Jakarta kini telah menjadi lembaga seni budaya nasional dan secara reguler mengadakan berbagai macam acara kesenian, seperti pameran dan pagelaran, putar film dan diskusi bulanan. Selain kegiatan seni, di Bentara Budaya Jakarta pun telah didirikan taman bacaan dengan berbagai koleksi buku penerbit Gramedia, buku seni, buku teks dari luar negeri serta buku sastra yang dihibahkan sastrawan Myra Sidharta.

Author: 
author

Related Post

Leave a reply