Pemerintah Harus Siapkan Dana untuk Pulangkan Benda Kuno

benda peninggalan

JOGJA – Saat ini masih banyak benda-benda bersejarah Indonesia yang tersimpan di luar negeri. Namun sayangnya untuk memulangkannya ke Indonesia tidaklah mudah karena terkendala berbagai hal

Hasyim Djojohadikusumo adalah pengusaha yang juga aktif di bidang budaya. Lewat Yayasan Aryadi Djojohadikusumo (YAD), ia berusaha merekonstruksi sejarah Majapahit.

Hasyim dalam keterangannya usai membuka Mandala Majapahit di Gedung RM Margono Djojohadikusumo UGM, Jumat (5/12/2014) mengatakan, ia pernah menemukan sekumpulan naskah kuno Keraton Yogyakarta di Inggris.

Naskah kuno ini dibawa di zaman Rafles yang tersimpan dengan baik di beberapa tempat di Inggris. Dan yang terbaru sebuah benda kuno dari gereja di Flores, Nusa Tenggara Timur yang beberapa tahun lalu hilang sekarang tiba-tiba muncul dan akan dilelang di Australia.

“Sebenarnya kalau kita ambil disimpan dimana, nanti yang biayai siapa. Dan ini jadi masalah yang mendasar,” ujar Hasyim menanggapi kemungkinan dipulangkannya benda kuno tersebut.

Dia menambahkan pemerintah harus pemerintah harus turun tangan dengan menyediakan dana dan sumber daya yang memadai. “Yayasan kami berminat tapi saat ini dananya belum cukup,” imbuhnya.

Sumber : Tribunjogja

benda kerajaan kuno peninggalan

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Leave a reply