Kue Yangko

Kue Kenyal Khas Yogyakarta.

yangko 3

  • Selayang Pandang

Kue Yangko merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta. Bahan utamanya terbuat dari tepung ketan dengan balutan tepung maizena. Rasanya manis dengan tekstur kenyal dan empuk. Kue yangko sebenarnya berasal dari Kota Gede Yogyakarta. Dulunya ia merupakan makanan para raja dan pembesar kerajaan, sehingga rakyat biasa jarang yang dapat menikmati makanan ini. Menurut cerita, yangko inilah makanan bekal Pangeran Diponegoro ketika berperang melawan penjajah. Hal itu karena yang yangko termasuk makanan yang dapat bertahan beberapa hari. Nama “yangko” sendiri berasal dari kata kiyangko. Namun karena orang Jawa sulit mengatakan kiyangko, maka mereka lebih mudah menyebutnya yangko hingga sekarang. Kini kue yangko telah dijual di seluruh penjuru Yogyakarta dengan harga Rp. 8.000 sampai Rp. 10.000.

yangko 4

yangko

  • Bahan-bahan
  1. Tepung ketan 500 gram
  2. Margarin 2 sdm
  3. Santan 300 ml
  4. Garam secukupnya
  5. Tepung maizena 100 gram atau tepung terigu 100 gram
  6. Kacang Tanah 140 gram
  7. Gula pasir 140 gram
  • Cara Pembuatan:
  1. Campurkan tepung ketan dengan air matang dan aduk sampai merata. Kemudian saring adonan tersebut menggunakan kain bersih.
  2. Lelehkan mentega di wadah yang telah disiapkan. Masukkan adonan tepung ketan tadi bersama santan kelapa dan garam, kemudian aduk sampai merata.
  3. Siapkan loyang yang sudah dilapisi plastik bening, kemudian masukkan adonan tadi ke dalam loyang.
  4. Kukus adonan selama 45-50 menit sampai adonan matang. Kemudian setelah matang angkat dan dinginkan.
  5. Potonglah kue yangko dengan bentuk sesuai selera, kemudian taburkan tepung maizena atau tepung terigu di atasnya.
  6. Atau Anda ingin membuat yangko dengan isian suatu rasa, maka yangko ditaburi maizena terlebih dahulu belah kue menjadi dua bagian, kemudian lapisi bagian atas salah satu potongan kue dengan rasa selai buah lalu tempelkan satu bagian kue tadi diatasnya.

Related Post

Leave a reply