Pasar Legi KotaGede

Pasar Legi KotaGede

Selalu ada pemandangan yang sangat menarik dan menyenangkan untuk dilihat dalam sebuah pasar. Sebuah tempat dimana banyak sekali orang beraktifitas dengan kehidupan yang beragam. Ada yang sedang bernegosiasi harga, menggelar bermacam barang dagangan yang unik dan menarik serta dibutuhkan orang lain, ada yang bertemu kembali dengan tetangga dan juga sahabat lama, ada juga yang sekedar singgah untuk melihat-lihat. Berbagai aktifitas itu selalu terlihat dalam sebuah pasar yang memiliki legenda yang erat dengan KotaGede yang terletak di belahan kota Jogja bernama pasar Kotagede.

Pasar Kotagede yang berdiri sejak abad 16. Pasar ini juga sering disebut dengan Pasar Legi, sebab puncak keramaian pasar ini selalu terjadi pada hari dengan  pasaran Legi (Legi adalah nama salah satu
hari dalam kalender Jawa). Tepat pada hari pasaran Legi, Pasar Legi KotaGede akan penuh sekali dan sesak dengan kerumunan banyak orang baik oleh penjual dan pembeli, sampai area Legi KotaGede bisa semakin melebar melebihi area  pasar sebenarnya. Banyak sekali jenis barang dagangan, mulai dari sayuran, alat-alat pertanian, juga hewan unggas yang hidup seperti burung yang pandai berkicau, bebek, ayam, dll. pakan ternak, bibit tanaman, pernak-pernik kebutuhan rumah tangga, batu akik, serta ramuan obat-obatan tradisional sampai mebel dapat ditemui di Pasar Legi KotaGede.

Pasar Legi KotaGede yang berada di desa Tegalgendu, tepat terletak di Jl. mondorakan dekat dengan makam Raja-raja Mataram, ini memang berada di sebuah kawasan kota yang memiliki sejarah tua di Yogyakarta. Jika kita berwisata di sekitaran  Pasar Legi KotaGede dan kawasan KotaGede, kita akan menemukan sebuah cermin kota tua atau wahah lama dari daerah jogja itu sendiri, Jogja khususnya kawasan KotaGede yang amat sangat klasik serta nilai historis yang sangat tinggi ada di dalamnya.

JogjaLand.net

pasar tradisional

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.