Wisata Kaliurang Jogja

2569 views

Pesona Wisata Kawasan Puncak Merapi.

wisata kaliurang 3

  • Akses

Wisata Kaliurang terletak di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Letaknya berada 25 km di sebelah utara Kota Yogyakarta. Untuk mencapainya, wisatawan harus hati-hati karena jalan yang ditempuh menanjak dan berkelok seperti halnya menaiki puncak. Namun tak usah khawatir karena jalan halus dan tanpa hambatan.

wisata kaliurang 9

  • Keindahan

Nama Kaliurang tak asing bagi para masyarakat Jogja maupun luar Jogja, karena nama ini akan selalu terdengar kala berita meletusnya Merapi menyebar. Kawasan Kaliurang memang berada di bawah lereng Merapi, dan seringkali terkena imbas letusannya. Namun di balik semua itu, sesungguhnya keindahanlah yang lebih terasa di kawasan Kaliurang. Pemandangan asri dengan balutan udara dingin akan menjadi kesan para wisatawan ketika menjajaki Wisata Kaliurang Jogja. Tak heran, karena kawasan Kaliurang terletak pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut dengan suhu 20-25 derajat celcius.

wisata kaliurang 2 wisata kaliurang 5

wisata kaliurang 6

Di kawasan Wisata Kaliurang Jogja banyak pilihan tempat yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Pertama wisatawan dapat mengunjungi Taman Rekreasi Kaliurang, menyuguhkan berbagai macam arena bermain yang sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Setelah puas, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke arah timur menuju Taman Wisata Plawangan Turgo. Di tempat ini terdapat kolam renang Tlogo Putri yang airnya bersumber dari bukit Plawangan. Kesegaran airnya akan menambah kepuasan para wisatawan. Setelah itu wisatawan dapat mengunjungi tempat-tempat lain seperti: Wisma Kaliurang dan Pesangrahan Dalem Ngeksigondo milik Kraton yang dulunya pernah dijadikan tempat Komisi Tiga Negara. Selain itu, yang tak kalah asyik adalah ketika para wisatawan dapat berjumpa dengan monyet-monyet Kaliurang yang imut dan menggemaskan.

wisata kaliurang wisata kaliurang 8

Jika rasa lelah menghinggapi wisatawan, tak usah khawatir karena puluhan penginapan berjajar di sepanjang jalan, siap untuk disewa. Harganya pun tak mahal, berkisar 25.000 sampai 200.000 saja. Sebelum beristirahat di penginapan, jangan lupa untuk mampir sejenak mencicipi oleh-oleh khas Kaliurang, yakni jadah dan tempe bacem. Makanan murah dan cukup untuk mengganjal rasa lapar para wisatawan.

  • Sejarah

Kemasyhuran Wisata Kaliurang Jogja tak luput dari sejarah dan peran para penjajah Belanda. Puluhan tahun lalu, pada abad ke-19 para ahli geologi Belanda sering datang berkunjung ke Kaliurang. Mereka datang untuk berwisata dan mencari tempat peristirahatan yang nyaman bagi keluarga mereka. Melihat pemandangan indah dan suasana enak, mereka kemudian membangun beberapa bungalow di Kaliurang. Beberapa tahun kemudian setelah Belanda meninggalkan Indonesia, Kaliurang tetap menjadi tempat wisata dan penginapan bagi masyarakat pribumi. Hingga sekarang banyak orang dari beberapa instansi ikut membangun bungalow mereka untuk disewakan pada para wisatawan. (Um-R)

Map

Related Post

Leave a reply