Candi Risan Yogyakarta

Candi Tertua dan Terlengkap di Gunung Kidul.

candi risan 5

  • Akses

Candi Risan terletak di atas bukit karst di Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk mencapainya wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum, yaitu dengan naik bus Yogyakarta-Wonosari dan turun di alun-alun Wonosari. Setelah itu naik kendaraan umum menuju daerah Semin, kemudian mengikuti jalan ke arah Sukoharjo menuju lokasi candi.

  • Sejarah

Candi Risan Yogyakarta merupakan salah satu candi tertua di Jawa. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-3 dan telah ada sebelum Candi Prambanan dibangun. Tak heran jika banyak sejarah penting terjadi di tempat ini, salah satunya peristiwa pelarian Kerajaan Majapahit dari Kota Yogyakarta ke Gunung Kidul. Nama Candi Risan diambil dari kata “irisan”, karena letak Candi Risan berada di perbatasan Kraton Surakarta dan Yogyakarta. Candi ini ditemukan terpendam dalam tanah di pekarangan warga Gunung Kidul, kemudian diambil alih oleh pemerintah karena dianggap sebagai bangunan purbakala.

candi risan 6 candi risan

  • Keistimewaan

Candi Risan Yogyakarta merupakan candi terbesar di Gunung Kidul. Artefak-artefak yang ditemukan tergolong lengkap, meskipun kini bentuknya terkesan tidak teratur dan runtuh karena umurnya yang tua. Bangunannya berukuran 13 x 13 meter dengan pintu masuk berada di sebelah barat. Di area komplek candi hanya ditemukan sebuah arca yang bernama Awalukitiswara. Arca ini pernah hilang dicuri orang, dan akhirnya ditemukan di Singapura. Sekarang arca tersebut disimpan di Badan Pelestari Peninggalan Purbakala DIY. Di komplek candi terdapat stupa yang menjadikan penanda bahwa bangunan ini digolongkan sebagai candi Budha. Pada dinding-dinding candi terdapat relief gambar sulur tanaman dan macam-macam burung. Di sekitar candi terdapat sebuah bangunan persegi yang menurut penelitian dulunya digunakan sebagai pendopo oleh para biksu untuk berdoa. (Um-R)

candi risan 2 candi risan 3

candi risan 4

Map

Related Post

Leave a reply