Istana Ratu Boko Jogja

Istana Megah Bernuansa Hindu-Budha.

istana ratu boko 10

  • Akses

Istana Ratu Boko terletak di atas Bukit Boko, tepatnya di Jalan Raya Jogja – Solo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Letaknya berjarak 19 km ke arah timur dari pusat Kota Yogyakarta dan berjarak 2 km dari Candi Prambanan. Untuk mencapainya wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum, yaitu naik bus transjogja trayek 1A dan 1B turun di terminal Prambanan. Kemudian dilanjutkan beberapa meter dengan naik becak atau berjalan kaki sampai ke lokasi wisata.

  • Sejarah

Istana Ratu Boko Jogja dibangun pada abad ke-8 pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, seorang keturunan Wangsa Syailendra. Hal itu berdasarkan keterangan pada Prasasti Walaing tahun 792 M yang menyebutkan bahwa Rakai Panangkaran mendirikan Abhayagiri wihara (biara di bukit penuh kedamaian). Abhayagiri adalah nama asal dari Istana Ratu Boko, berupa wihara tempat para pendeta Budha. Kemudian pada tahun 856 M bangunan itu digunakan sebagai kraton oleh Rakai Walaing Pukhumbayoni yang beragama Hindu. Maka tak heran jika di tempat ini wisatawan akan merasakan percampuran budaya Hindu dan Budha sekaligus.

candi ratu boko 2

Fungsi bangunan Ratu Boko selain sebagai kraton atau istana, juga sebagai benteng pertahanan. Tepatnya kala itu digunakan oleh Rakai Kayuwangi sebagai benteng pertahanan dari serangan Rakai Walaing Puhuyaboni. Selain itu tempat ini juga digunakan untuk menenangkan diri dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual. Pada perkembangannya beberapa masyarakat kemudian menyebutnya sebagai bangunan candi, karena bentuknya mirip dengan sebagian besar candi Hindu-Budha yang ada di Indonesia.

candi ratu boko 4

Bangunan Istana Ratu Boko Jogja pertama kali ditemukan pada abad ke-17 oleh HJ De Graaf, seorang arkeolog Belanda. Kemudian pada tahun 1938 dilakukan proses pemugaran pada masa penjajah Belanda, dan pada tahun 1952 baru dilakukan pemugaran oleh Pemerintah Indonesia.

  • Keunikan

Istana Ratu Boko Jogja merupakan bangunan termegah pada masanya. Dibangun di atas tanah seluas 250.000 meter persegi dengan ketinggian 196 meter di atas permukaan laut. Karena letaknya tersebut, dari tempat ini wisatawan dapat melihat keindahan Gunung Merapi dan Candi Prambanan, serta pemandangan alam di daerah sekitar Yogyakarta. Dan ketika menghadap ke arah selatan wisatawan akan melihat keindahan Pantai Parangtritis dari kejauhan.

candi ratu boko 3 candi ratu boko 7

Di komplek Istana Ratu Boko wisatawan dapat menemukan beberapa peninggalan agama Hindu dan Budha, dua agama yang pernah menempati sejarah Istana Ratu Boko. Peninggalan agama Hindu antara lain: yoni, tiga miniatur candi, lempengan emas dan perak bertuliskan mantra Hindu, arca Ganesha dan Durga. Sedangkan peninggalan agama Budha berupa arca Buddha, reruntuhan stupa, dan stupika.

candi ratu boko 6

Bangunan Istana Ratu Boko terbagi menjadi empat bagian yaitu bagian tengah, tenggara, timur dan barat. Bagian barat berupa sebuah perbukitan. Pada bagian timur terdapat dua buah gua, yaitu gua wadon di bawah dan gua lanang di bagian atas. Di depan gua lanang terdapat sebuah kolam berukuran 20 x 50 meter dan stupa Budha. Pada bagian tenggara terdapat Pendopo, Balai-Balai, 3 candi, kolam, kompleks Keputren dan sebuah sumur misteri bernama Amerta Mantana. Pada bagian tengah terdapat Candi Batu Putih, Candi Pembakaran, gapura utama, lapangan, kolam, batu berumpak, dan Paseban. (Um-R).

candi ratu boko 8 candi ratu boko 5

Map


 

Related Post

Leave a reply