Pantai Congot Jogja

pantai congot 2

  • Akses

Pantai Congot terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 40 km dari pusat Kota Yogyakarta. Pantai ini merupakan pantai paling ujung barat di Yogyakarta dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi pantai wisatawan dapat menempuhnya dengan kendaraan pribadi maupun umum, yaitu dengan naik bis tujuan terminal Wates. Selanjutnya wisatawan dapat menaiki kendaraan umum tujuan Pantai Glagah-Pantai Trisik-Pantai Congot.

Sesampainya di loket pembayaran tiket masuk Pantai Glagah wisatawan harus membayar retribusi masuk sebesar Rp. 3500. Dari sini wisatawan memilih mengunjungi Pantai Glagah atau Pantai Congot dulu, karena keduanya saling bersebelahan dengan hanya membayar satu kali biaya masuk saja.

pantai congot 4

  • Keistimewaan

Pantai Congot Jogja dikenal sebagai pantai nelayan. Setiap pagi hingga sore pantai ini dipenuhi oleh kesibukan para nelayan. Ada yang sibuk bersiap-siap hendak melanglang ke samudra mencari rizki untuk keluarganya. Ada yang tengah menata jaring berbagai ukuran sebagai senjata dalam petualangannya ke laut. Ada yang bahkan telah pulang dari laut membawa tangkapan ikan dengan wajah lelah namun berseri-seri bahagia, kemudian merapatkan perahunya di samping jajaran perahu-perahu lain di bibir pantai. Beberapa meter dari mereka terdapat tempat pelelangan ikan yang ramai dikelilingi para pedagang, nelayan dan pembeli. Mereka ramai bertransaksi tentang hasil tangkapan ikan yang masih sangat segar.

pantai congot

Beberapa meter tak jauh dari Pantai Congot Jogja, wisatawan dapat melihat pesona keindahan muara Sungai Bogowonto. Sungai itu menjadi batas antara Kabupaten Kulon Progo dan daerah Bagelen, Purworejo. Di pantai ini akan terlihat pertemuan muara Sungai Bogowonto dengan air laut. Inilah yang menjadikan Pantai Congot mempunyai hasil ikan yang melimpah. Sehingga wisatawan pun dapat melihat bahkan menikmati aktifitas memancing.

sungai bogowonto

Pemandangan selanjutnya wisatawan dapat melihat pembudidayaan tanaman pandan. Tanaman pandan ini digunakan sebagai bahan pembuat beraneka kerajinan tangan oleh penduduk. Hasilnya dapat dijual ke luar daerah bahkan luar negeri.

Related Post

Leave a reply