Festival Budaya Kotagede 2014

berita_111012_800x600_FestivalKotagede-2-webMinggu (12/10/14), merupakan puncak kegiatan Festival Budaya Kotagede 2014 dimulai dengan Fashion On The Street di jalan Kemasan pada sore hari, dilanjutkan dengan Kirab Budaya start dari Lapangan Karang mengelilingi Kawasan Budaya Kotagede dan berakhir di lapangan parkir Singosaren.

Festival Kotagede 2014 berlangsung Jum’at hingga Minggu (10-12 Oktober) tersebar di enam Kelurahan dengan puncak acara berupa Kirab Budaya dalam tema “Arak-Arakan Alegoris Lintasan Sejarah Puncak-Puncak Capaian Mataram”.

Festival sebagai wujud kerjasama antara Forum Joglo dan OKPK Sekawasan Kotagede dengan dukungan Dinas Pariwisata dan Dinas kebudayaan DIY serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul.

Ketua Umum Eddy Prasetyo kepada wartawan menjelaskan bhawa Festival Budaya Kotagede sebagai agenda tahunan bertujuan untuk melestarikan pusaka budaya Kotagede sebagai sumber daya untuk mengembangkan karakter bangsa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ragam kegiatan antara lain, workshop bertema budaya, berbagai lomba semisal, lomba fotografi, lomba Rumah Pusaka dan Lomba Kuliner.

Festival Kotagede diawali dengan Dialog Budaya bertemakan “Konservasi Kotagede, Antara Pandangan Barat dan Timur, berlangsung pada hari Jum’at (10 Oktober) mulai pukul 19.00 WIB di Pendapa Kecamatan Kotagede.

Selama tiga hari festival terdapat lima panggung kesenian yang menampilkan potensi khas masing-masing kelurahan yaitu, di Kelurahan Jagalan, Singosaren, Rejowinangun, Prenggan dan di kelurahan Purbayan. Agenda hari Sabtu (11 Oktober) mulai pukul 06.00 WIB berlangsung Jelajah Pusaka Kotagede dengan titik kumpul di HS Silver.

Pada hari Minggu (12 Oktober) pada pukul 14.00 WIB selama satu jam, berlangsung Peragaan Busana Jawa Modifikasi kreasi para disainer APPMI DIY dengan koordinator perancang busana kondang Lia Mustafa. Fesyen tersebut mengambil lokasi di Jalan Kemasan, suatu kawasan pedagang perak, dengan pusatnya di depan Ex-Tuta (Gedung Pembantu Walikota).

Puncak Festival Kotagede 2014 berupa Kirab Budaya yang diikuti sedikitnya 1200 peserta, berlangsung pada hari Minggu (12 Oktober) pukul 15.00 WIB dengan garis start di Lapangan Karang bergerak mengelilingi Kawasan Wisata Kotagede dan berakhir di Lapangan Parkir Singosaren.

Sumber: rri.co.id

 

news

Author: 
author

Related Post

Leave a reply