Candi Sari Yogyakarta

Asrama Para Pendeta Budha.

candi sari 3

  • Akses

Candi Sari terletak di Dusun Bendan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Letaknya berdekatan dengan Candi Kalasan, dan hanya berjarak 150 meter ke arah timur. Untuk mengaksesnya wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum, yaitu naik angkutan umum jurusan Jogja-Prambanan kemudian turun di RS Bhayangkara. Setelah itu wisatawan dapat naik becak atau berjalan kaki sejauh 50 meter ke lokasi candi.

candi sari 4

  • Sejarah

Candi Sari Yogyakarta diperkirakan dibangun pada abad ke-8 pada saat pemerintahan Rakai Panangkaran yaitu bersamaan dengan pembangunan Candi Kalasan. Hal itu berdasarkan cerita yang berasal dari prasati Kalasan 780 Masehi berikut. Suatu hari Raja Rakai Panangkaran mendapat nasehat dari Wangsa Syailendra yang menjadi penasehat keagamaan untuk membangun dua buah candi. Candi pertama untuk pemujaan Dewi Tara yang kemudian dibangun Candi Kalasan dan candi kedua untuk asrama para pendeta yang kemudian dibagunlah Candi Sari. Maka selanjutnya Candi Sari pun dipakai untuk kegiatan sehari-hari para pendeta Budha.

Versi lain menambahkan bahwa candi ini sebenarnya dibangun untuk menghormati Bodhisatya Wanita, Tarabhawana. Selain itu juga sebagai hadiah atas pernikahan Pancapana dari Dynasti Sanjaya dengan Dyah Pramudya Wardhani dari Dynasti Syailendra.

  • Keunikan

Candi Sari Yogyakarta ditemukan dalam keadaan hancur, kemudian dibugar pada tahun 1929 hingga tahun 1930. Setelah pembugaran tersebut dapat terlihat bahwa Candi Sari Yogyakarta merupakan candi unik dan dapat menarik perhatian wisatawan. Dilihat dari bentuknya, bangunan candi ini tergolong besar dengan ukuran 17,30 x 10 meter dan tinggi 17 meter. Bentuknya persegi empat dan terbagi menjadi dua lantai. Tiap lantainya terdapat tiga ruang berjajar dengan ukuran 3,48 x 5,80 meter, sehingga keseluruhan terdapat enam ruangan di candi. Lantai pertama digunakan untuk beraktifitas sehari-hari seperti bersosialisasi dengan penduduk, belajar dan berdiskusi. Sedangkan lantai dua digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang berharga pendukung ritual keagamaaan.

candi sari candi sari 8

candi sari 5

Selain itu di dalam candi juga terdapat patung setinggi 6 meter yang terbuat dari perunggu, tapi belum dapat diketahui bentuk patung apakah itu. Pada bagian luar candi terdapat hiasan arca-arca Dewa Boddhisatva dan Dewi Tara yang berjumlah 36 buah. Sedangkan pada bagian puncak candi terdapat stupa seperti halnya candi Budha lainnya. Stupa juga ditemukan pada beberapa sisi candi yang jumlahnya mencapai 52 buah.

candi sari 7 candi sari 6

  • Tiket & Jam Buka

Wisatawan dapat menikmati keindahan Candi Sari Yogyakarta pada pukul 06.00 sampai 18.00 WIB dan dengan hanya membayar tiket seharga Rp. 2.000,. (Um-R)

Map

Related Post

Leave a reply