Warga Caturtunggal Gelar Aksi Bersih Kali Gajahwong

kali-gajah-wong

SLEMAN – Datangnya musim hujan disambut ratusan warga Dusun Papringan, Desa Caturtunggal, Depok dengan menggelar gotong royong bersih sungai Gajahwong, Minggu (16/11/2014).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai pencegahan penyakit yang diakibatkan penumpukan sampah di sungai yang membelah wilayah Desa Catutunggal itu.

Koordinator kegiatan, Imam Yudhi, mengatakan aksi kepedulian warga bantaran sungai Gajahwong tersebut merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh Forum Warga Peduli Sungai Gajahwong.

Menurutnya, forum tersebut dibentuk atas keprihatinan warga terkait kondisi sungai Gajahwong yang semakin tercemari oleh sampah.

“Sebagai warga yang tinggal berdekatan dengan sungai, kami harus mengambil sikap jika ingin lingkungan bersih dan sehat,” paparnya saat ditemui di sela acara peresmian Forum Warga Peduli Sungai Gajahwong.

Ia menjelaskan, kendati hingga saat ini sampah masih dianggap masalah yang kecil bagi sebagian besar warga, namun kondisinya semakin memprihatinkan dari waktu ke waktu. Terlebih saat musim hujan, okupansi sampah meningkat, terutama sapah rumah tangga.

“Sampah yang ada sebagian besar berasal dari wilayah utara yang merupakan daerah hulu sungai. Mungkin saat ini belum berdampak langsung bagi warga, tapi jika dibiarkan damapaknya akan semakin besar,” jelasnya.

Keberadaan forum tersebut disambut baik, tidak hanya warga Dusun Papringan, namun juga warga di beberapa dusun lainnya yang tinggal di bantaran sungai Gajahwong. Termasuk di dalamnya warga Desa Condongcatur.

Dalam kegiatannya, forum tersebut telah merangkul 23 wilayah RT di Caturtunggal dan Condongcatur.

“Total sepanjang 4 kilometer wilayah sungai Gajahwong yang dikaver. Melalui forum ini, warga bantaran sungai diajak untuk bergerak bersama menjaga lingkungan sungai,” kata dia.

Sumber: Tribunjogja

news

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Leave a reply