Tangkapan Ikan Nelayan DIY Masih Kurang

Nelayan DIY, Ikan DIY, Nelayan

Tangkapan  Nelayan DIY ataupun tingkat mengkonsumsi ikan di DIY masih tetap rendah. Data 2013, hasil tangkapan ikan  Nelayan DIY masih tetap ada pada 4. 997 ton per tahun. Kalah berkompetisi dengan hasil ikan budidaya, yang mempunyai hasil 56. 000 ton per tahun.

Kepala Dinas Kelautan serta Perikanan DIY Andung Prihadi Santosa mengaku tak tercapainya tujuan itu di pengaruhi banyak hal.

“Nelayan kita masih tetap mudah mabuk. Mengakali permasalahan ini, dinas mengadakan kursus spesial pada nelayan, sekalian juga sebagai pendukung pergantian nelayan, ketertarikan anak muda untuk melaut alami penurunan sekali, ” keluh Andung, didapati di sela-sela pameran product olahan ikan, Hari Ikan Nasional, di Taman Pandai, Jumat (21/11/2014).

Diluar itu, nelayan DIY ada banyak yang belum tahu laut ada banyak dikuasai nelayan Cilacap, serta luar DIY. “Kalau ketahuan memanglah kita segera menindak. Namun bila tak ketahuan, kita tak dapat menindak, ini tantangan kita, ” ucapnya.

Rendahnya angka mengkonsumsi ikan DIY kembali tampak pada data 2013, yaitu cuma 17, 1 kg per kapita per tahun. Lebih rendah dari rata-rata nasional 25 kg per kapita per tahun. Tetapi, walau th. masih tetap jalan, Andung selekasnya mengemukakan, bahwa data mengkonsumsi mulai bertambah pada 2014, terdaftar 21 kg per kapita.

“Sebetulnya termasuk masih tetap rendah, mungkin saja stigma orang-orang belum beralih. Berasumsi ikan itu amis, berduri, jadi kami selalu lakukan usaha sosialisasi, ” katanya.

Ia juga menyayangkan, usaha ada bermacam olahan ikan, mulai nugget ikan, pempek ikan, bakso ikan, pizza ikan dan sebagainya, masih tetap belum optimal mendongkrak angka mengkonsumsi ikan dengan cara penting.

Dengan maksud menyosialisasikan penambahan mengkonsumsi ikan, pihaknya lalu bikin pameran olahan product ikan dengan topik Bangun Nusantara Dengan Inovasi Maritim Anak Bangsa, mulai sejak Jumat sampai Minggu (21-23/11/2014).

Ketua panitia, Bayu Mukti Sasongko, dalam sambutannya mengatakan, pameran yang diikuti 25 stand ini dapat dibarengi agenda pemberian dengan cara simbolis 20 unit peralatan untuk Grup Pengolah serta Pemasar (Poklasar) Kabupaten/Kota, dan 20 unit peralatan fish for school.

Ikan DIY Nelayan Nelayan DIY news

Author: 
author

Related Post

Leave a reply