Rektor Baru UGM Yogjakarta

rektor ugm dwikora karnawati

Yogyakarta: Prof Ir Dwikorita Karnawati menjadi rektor baru Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menggantikan Pratikno yang kini menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Dwikorita merupakan perempuan pertama yang menjabat sebagai rektor di kampus bergengsi tersebut.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UGM, Prof Dr Sofian Effendi mengatakan Dwikorita dinyatakan sebagai Rektor UGM setelah rapat MWA, Sabtu (22/11/2014). Rektor baru dilantik pada Senin (24/11/2014).

“Keputusan diambil melalui musyawarah mufakat setelah melakukan wawancara kemarin Jumat, melihat rekam jejak, visi-misi, dan prestasi masing-masing kandidat,” kata Sofian.

Selain Dwikora, UGM juga memilik dua kandidat lain yaitu Dr Didi Achjari dan Prof dr Iwan Dwiprahasto. Ketiga kandidat memenuhi syarat menjadi rektor. Namun 19 dari 23 anggota MWA sepakat memilih Dwikorita.

“Dibandingkan pemilihan pimpinan DPR RI, pemilihan Rektor UGM berlangsung sangat mulus,” ujar Sofian sambil berkelakar.

Sofian menegaskan tidak ada kandidat yang menyatakan mengundurkan diri.  Namun saat proses pemilihan, Iwan dan Didi mengaku ingin fokus pada jabatan masing-masing di UGM. Iwan adalah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Sedangkan Didi bertugas sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sistem Informasi. Sementara Dwikorita sebelumnya menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni.

Sumber : Metrotvnews

news

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Leave a reply