Taman Pintar Yogyakarta

taman pintar 9

  • Sejarah

Taman Pintar Yogyakarta merupakan sebuah obyek wisata sebagai penunjang bidang pendidikan sains terutama bagi anak-anak dan remaja. Latar belakang dibangunnya Taman Pintar adalah karena adanya perkembangan IPTEK di penjuru dunia masa kini sangatlah pesat. Semua kalangan masyarakat dengan semua kebutuhannya melebur dalam perkembangan IPTEK. Oleh karenanya muncul kesadaran perlu adanya sarana pendukung yang dapat membantu masyarakat terutama generasi muda dalam mengikuti perkembangan masa. Selain itu pertimbangan bahwa Yogyakarta telah mendapat label kota pendidikan juga menjadi pendukung utama.

Dibangun dengan nama “Taman Pintar”, harapannya generasi bangsa menjadi “pintar” dalam mengikuti perkembangan IPTEK, pintar dalam mendalami IPTEK dan manfaatnya, serta pintar menciptakan teknologi sendiri yang akan bermanfaat bagi masyarakat luas.

taman pintar 2

Pembangunan Taman Pintar Yogyakarta digagas tahun 2004 oleh Hery Zudianto selaku Walikota Yogyakarta. Pembangunannya mengalami beberapa tahapan. Tahap pertama pendirian Playground dan Gedung PAUD yang diresmikan pada 20 Mei 2006 oleh Bambang Soedibyo selaku Mendiknas. Tahap II adalah pendirian Gedung Oval dan Gedung Kotak lantai I, yang diresmikan oleh dalam II tanggal 9 Juni 2007 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo dan Menristek, Kusmayanto Kadiman. Pembangunan Tahap III adalah Gedung Kotak lantai II-III, Tapak Presiden dan Gedung Memorabilia. Kemudian secara keseluruhan Taman Pintar Yogyakarta baru diresmikan pada tanggal 16 Desember 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

taman pintar 4

Taman Pintar Yogyakarta dibangun dengan visi, misi dan tujuan sebagai berikut.

Visi: Sebagai wahana ekspresi, apresiasi dan kreasi sains yang terbaik se-Asia Tenggara dalam suasana yang menyenangkan.

Misi:

  1. Pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang sains dan teknologi.
  2. Penyediaan alat peraga pembelajaran yang berkualitas.
  3. Menumbuhkembangkan minat anak dan generasi muda terhadap sains melalui imajinasi, percobaan dan permainan yang menyenangkan.

Tujuan

  1. Menyediakan sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan.
  2. Memotivasi anak dan generasi muda untuk mencintai sains.
  3. Membantu guru dalam mengembangkan pengajaran di bidang sains.
  4. Memberi alternatif wisata sains.

Sebagai patokan, Taman Pintar mempunyai Motto “Mencerdaskan dan Menyenangkan (dengan pendekatan Niteni, Niroake, Nambahi)”.

taman pintar

  • Akses

Taman Pintar terletak di Jalan Panembahan Senopati 1-3 Yogyakarta. Lokasinya strategis serta berdekatan dengan Benteng Vredeburg, Malioboro, Pasar Bringharjo, Keraton dan Alun-alun Yogyakarta. untuk mencapainya pun wisatawan dapat menggunakan berbagai macam kendaraan umum seperti Transjogja, bus umum jalur 4, becak, taksi dan ojek.

  • Fasilitas

Semua wahana permainan yang ada di Taman Pintar Yogyakarta dirancang untuk melatih kreatifitas dan kecerdasan anak-anak dan pengunjung, diantara wahana-wahana tersebut antara lain:

  1. Memorabilia, berisi alat-alat peraga pengetahuan tentang sejarah Bangsa Indonesia.
  2. Planetarium, berisi alat-alat peraga pengetahuan tentang tata surya.
  3. Gedung Oval Kotak, berisi pengetahuan bidang sains.
  4. Playground, wahana yang digunakan pada permainan outdoor.
  5. Simulator Gempa
  6. Teater 3D
  7. Program Kreativitas, wahana yang berisi pelatihan membuat kreatifitas kerajinan tangan yang hasilnya dapat dibawa pulang oleh peserta, yang diantaranya kreasi gerabah dan kreasi batik.

taman pintar 7

Selain wahana-wahana tersebut, di beberapa sudut halaman Taman Pintar juga terdapat berbagai permainan yang dapat melatih kreatifitas dan pengetahuan para wisatawan. Di tempat tersebut pun terdapat fasilitas lain tempat-tempat nyaman untuk istirahat para wisatawan yang sedang lelah, seperti: foodcourt, mushola, toilet, dan beberapa tempat teduh dan kursi yang nyaman.

taman pintar 3

Bagi para wisatawan yang datang secara rombongan, akan mendapatkan fasilitas harga tiket sedikit lebih murah, dengan prosedur yang ditentukan di bawah ini:

  1. Minimal jumlah rombongan sekolah  adalah 20 orang,yang terdiri dari siswa & guru .
  1. Membawa/ menyampaikan surat pemberitahuan kunjungan resmi dari sekolah,ditujukan kepada Kepala Kantor Pengelolaan Taman Pintar.
  2. Bisa juga mendaftar kunjungan rombongan melalui website Taman Pintar.
  3. Berlaku bagi Rombongan sekolah yang berkunjung pada hari Selasa – Sabtu (tidak berlaku di Hari Minggu/Libur Nasional).

taman pintar 8

  • Jam Buka

Selasa – Jum’at          : pukul 09.00 – 16.00 WIB

Sabtu – Minggu         : pukul 08.30 – 20.00 WIB

  • Tiket
Zona Anak (siswa & guru)

 

dewasa
PAUD BARAT Rp. 3.000 -
PAUD TIMUR Rp. 3.000 -
Oval, Kotak & Memorabilia Rp. 10.000 Rp. 18.000

 

Zona

 

Umum
Kreasi Batik Rp. 5.000
Kreasi Gerabah Rp. 5.000
Wahana Bahari Rp. 4.000
Planetarium Rp. 15.000

 

Related Post

Leave a reply