Karnaval Budaya Sinduadi Meriah

kirab-sinduadi

SLEMAN – Sejumlah kesenian baik tradisional maupun modern akan berkolaborasi meramaikan karnaval budaya Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Minggu (7/12/2014). Gelaran tersebut merupakan puncak acara peringatan HUT ke-68 Desa Sinduadi.

Gita Gemilang, Koordinator Seni Budaya HUT Sinduadi mengatakan sebanyak 20 kelompok kesenian di Desa Sinduadi akan berpartisipasi dalam acara tersebut. Di antaranya kelompok kesenian hadrah, bergada, tari tradisional dan modern, serta kreasi kostum.

“Acara ini merupakan even perdana yang diselenggarakan oleh Desa Sinduadi. Biasanya hanya pagelaran wayang kulit, tapi pada tahun ini evennya diperbesar,” ungkapnya saat ditemui di Kantor Desa Sinduadi, Jumat (5/12/2014).

Menurutnya, selain sebagai peringatan HUT Desa Sinduadi, acara tersebut juga bertujuan untuk melestarikan budaya. Di sisi lain, melalui even tersebut Pemerintah Desa Sinduadi bermaksud mengajak warganya untuk mencintai kebudayaan dan kesenian tradisional.

“Kami juga terbuka pada kesenian modern, namun acara ini dimaksudkan agar warga Sinduadi tidak melupakan kesenian tradisional sebagai bagian dari kebudayaan lokal,” paparnya.

Gita menjelaskan karnaval ini mengambil konsep street performance. Setiap kelompok kesenian akan menampilkan kebolehannya tidak hanya di panggung utama namun juga pada saat karnaval berlangsung.

“Rute yang diambil sepanjang 3 kilometer, dimulai dari Kantor Desa Sinduadi hingga ke Sindu Kusuma Edupark (SKE) sebagai panggung utama,” terangnya.

Sumber : Tribunjogja

budaya karnaval kirab

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Leave a reply