Pantai Depok

4439 views

pantai depok

Pantai Depok hingga kini telah menjadi salah satu jajaran pantai terfavorit di wilayah Bantul Yogyakarta. Pantai Depok terletak di Kecamatan Kretek, Bantul dan berjarak 27 km dari pusat Kota Yogyakarta. Hanya berjarak 3-4 km dari Pantai Parangtritis, membuat pantai ini mempunyai keadaan fisik hampir sama dengan Pantai Parangtritis, yakni dihiasi dengan gumuk pasir. Untuk mencapai pantai ini perjalanan yang ditempuh bisa menggunakan mobil, motor dan sepeda. Tak ada kendaraan umum yang dapat diakses langsung menuju Pantai Depok, karena bis umum hanya dapat mengantar pada pos pembelian karcis Pantai Parangtritis. Dari pos ini, wisatawan harus belok ke arah barat atau belok kanan hingga memasuki kawasan patai Depok dan membayar biaya masuk hanya sebesar Rp. 5000,.

Suasana pantai depok

  • Sajian Kenikmatan Seafood

Pantai Depok adalah surganya para pecinta kuliner seafood. Terbukti pada 16 Juni 2009, pantai Depok diresmikan sebagai kawasan wisata kuliner oleh Bapak Jero Wacik, selaku Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. Tak heran karena begitu memasuki area parkiran Pantai Depok, para wisatawan akan menemui pasar ikan yang cukup besar. Ada banyak jenis ikan yang tersedia, seperti bawal, gurame, cumi, udang, kerang, dan kepiting. Di pasar itu wisatawan dapat langsung membeli ikan-ikan segar dari para pedagang kemudian membawanya ke salah satu warung warung yang terjajar rapi sepanjang pantai, untuk dimasak dan dinikmati hangat-hangat. Biasanya para wisatawan datang ke pantai ini beramai-ramai bersama keluarga, sahabat, rekan komunitas dan organisasinya. Mereka sengaja memilih pantai ini karena ingin menikmati sajian seafood ramai-ramai.

Seafood depok

Sambil menunggu hidangan siap, wisatawan dapat bermain-bermain di tepi pantai, ditemani para ombak yang juga asyik berlarian mengejar para wisatawan. Ada beberapa motorcross yang siap disewakan seharga 35.000. pengunjung juga dapat melihat kapal-kapal para nelayan yang terparkir di tepi-tepi pantai.

fasilitas pantai depok

  • Sejarah Pantai Depok

Nama Depok sendiri berasal dari kata Padepokan. Asal nama Depok berawal ketika masa pecahnya Kerajaan Majapahit kala itu menjadikan beberapa prajurit melarikan diri ke beberapa tempat, salah satunya ke daerah ini. Salah satu dari mereka yang bernama Tunggul Wulung kemudian mendirikan sebuah padepokan. Maka dari asal padepokan inilah nama Pantai Depok.

warung seafood depok

Pantai Depok pada masa awal dibukanya bukan termasuk pantai terkenal akan hasil laut, karena para penduduk setempat sebagian besar berprofesi sebagai petani. Pada suatu hari datang beberapa nelayan dari Cilacap. Mereka mendarat karena merasa menemukan tempat cocok untuk pendaratan kapal-kapal nelayan mereka, karena banyaknya hasil laut yang dimiliki Pantai tersebut. beberapa waktu kemudian para penduduk melihat kejadian itu. Mereka akhirnya mempunyai keinginan sama untuk membentangkan jaring, mencari hasil-hasil laut sebagai nelayan. Mereka pun baru menyadari betapa melimpahnya kekayaan laut mereka, dan dapat menambah panghasilan mereka. Hingga akhirnya sejak saat itu Pantai Depok terkenal dengan hasil kekayaan lautnya.

Related Post

Leave a reply