Pantai Pandansari

pemandangan di atas mercusuar

Pantai pandansari dan mercusuar. Pantai pandansari adalah tempat singgah mercusuar dan mercusuar adalah identitas Pantai pandansari. Begitulah hubungan yang telah terjalin sejak berpuluh-puluh tahun lalu.

mercusuar 3

Pertama, kita melihat pemandangan Pantai pandansari. Pantai pandansari berada satu komplek dengan Pantai Samas, Pantai Pandansimo dan Pantai Gua Cemara. Pantai yang bernama lain Pantai Patehan ini terletak di Dusun Wonoroto Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Butuh waktu 45 menit ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta. Tak usah khawatir jika para wisatawan tersesat diantara jajaran pantai-pantai di atas, karena ketika sampai di kawasan ini, akan banyak papan penunjuk jalan yang jelas.

Pantai pandansari tergolong pantai yang masih alami, dan belum banyak didatangi wisatawan layaknya Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Oleh karenanya pantai ini cocok untuk menenangkan pikiran dan menyendiri. Selain itu ombak-ombak di Pantai pandansari tergolong kencang, maka sangat tidak disarankan untuk mandi atau berenang di tengah ombak.

Setelah menikmati panorama Pantai pandansari, di sebelah utara di tepi-tepi sepanjang jalan Pantai pandansari, akan terlihat suburnya pertanian warga. Pertanian di wilayah ini memang tergolong bagus dan patut direkomendasikan. Berdekatan dengan kawasan pantai dan pertanian warga, terdapat bangunan tinggi tegak, kokoh, dan kuat. Inilah Mercusuar Pantai pandansari, identitasnya Pantai pandansari.

mercusuar Pantai Pandansari

Jika pada umumnya mercusuar dibangun untuk memudahkan para nelayan dan pengendara kapal, tapi tidak untuk mercusuar Pandansari. Atas pelopor Presiden Abdurrahman Wahid pada masanya, mercusuar ini sengaja dibuat sebagai tempat berwisata. Maka para wisatawan dapat naik langsung ke mercusuar dengan membayar tiket yang tergolong tak mahal. Mercusuar ini mulai beroperasi tahun 1994 berdiri dengan cat putih setinggi kira-kira 40 meter terdiri dari delapan lantai, dilengkapi tangga berbentuk melingkar. Setiap lantainya terdapat jendela kecil, berfungsi agar wisatawan dapat melihat pemandangan luar dari setiap lantainya yang berbeda-beda. Pada ujung mercusuar terdapat tempat untuk melihat pemandangan. Di tempat ini wisatawan dapat melihat kawasan-kawasan di bawahnya, termasuk pemandangan Pantai Pandansari. Dari tempat ini Keindahan Pandansari terlihat begitu mempesona. Ombak-ombak terlihat menggulung kencang menerpa para wisatawan.

Suasana atas mercusuar

MERCUSUAR 2

Pada tahun 2006 ketika gempa mengguncang Yogyakarta, dinding mercusuar retak sehingga pada tahun itu pula ia resmi ditutup demi keamanan. Namun, sekarang para wisatawan dapat mengunjunginya dan menaikinya kembali dengan hanya membayar tiket Rp. 3000,. Daerah di sekitar mercusuar adalah tempat nyaman untuk berkemah dan bersantai. Karena berupa tanah lapang teduh oleh pepohonan, dan di sampingnya terdapat pemondokan yang diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin menginap.

Related Post

Leave a reply