Goa Gajah Yogyakarta

goa gajah yogyakarta 3

  • Akses

Goa Gajah merupakan salah satu deretan goa kasrt di kawasan kasrt Gunung Seribu. Goa ini masih tergolong obyek wisata murni di Yogyakarta yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Ia terletak di Dusun Lemahbang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lebih tepatnya berjarak 21 km dari pusat Kota Bantul. Untuk mengunjunginya, wisatawan dapat memilih jalur Imogiri-Dlingo atau jalur Pathuk-Dlingo-Mangunan.

  • Keindahan

Nama Goa Gajah berasal dari bentuk salah satu gumpalan batu di dalam goa yang menyerupai bentuk gajah. Untuk membuktikannya, wisatawan perlu menjelajahi isi Goa Gajah Yogyakarta.

goa gajah yogyakarta 1

Memasuki Goa Gajah Yogyakarta wisatawan perlu membawa alat penerangan, karena keadaannya gelap dan licin. Tetes-tetes air masih membasahi tanah goa, mendampingi stalakmit dan stalaktit yang masih sangat murni. Melangkah beberapa meter ke dalam goa akan terlihat para kelelawar bergelantungan di dinding-dinding goa. Di beberapa tempat ada beberapa lubang kecil yang dibuat para penduduk sebagai tempat kotoran kelelawar. Tak heran jika tercium bau tak sedap dalam goa. Oleh karenanya para wisatawan perlu bersiap-siap membawa masker untuk menutup hidung.

goa gajah yogyakarta 7

Goa ini dipenuhi beberapa sekat ruangan dan lorong. Rata-rata berdiri setinggi 50 cm dengan lebar 5-6 m. Ada beberapa ruang sempit seperti ruang meditasi, beberapa dinding goa bertekstur halus dan di ujungnya ada ruang luas. Di sinilah tempat keberadaan batu berbentuk gajah tersebut. Selain itu wisatawan juga akan menemukan beberapa rumput dan pohon dalam goa. Sebenarnya itu adalah tanaman yang berasal dari luar goa tapi karena dinding bagian atas goa runtuh, tumbuhan tersebut terperosok dan hidup di dalamnya.

goa gajah yogyakarta 2

Kedalaman Goa Gajah Yogyakarta sendiri belum dapat diukur secara pasti. Namun masyarakat hanya berani menjelajahi sampai kedalaman 200 m saja, karena ada tanah yang menonjol menghalangi jalan goa dan tidak dapat dilewati. Sehingga diperkirakan kedalamannya masih jauh dari pandangan mata.

Related Post

Leave a reply