Grojogan Watu Jonggol Jogja

air terjun grojokan watu conggol 6

  • Akses

Grojogan Watu Jonggol merupakan salah satu wisata air terjun eksotis di Yogyakarta. Terletak di pegunungan Menoreh, di Dusun Nglinggo Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk mencapainya wisatawan harus melewati jarak 42 km dari pusat kota Yogyakarta atau menempuh waktu 1,5-2 jam.

  • Keindahan

Grojogan Watu Jonggol tergolong obyek wisata alam alam yang masih alami, belum banyak terjamah oleh jejak-jejak wisatawan. Meski begitu, para wisatawan tak usah khawatir karena dalam perjalanan menuju Grojogan Watu Jonggol Jogja ada papan nama yang akan mengantarkan menuju lokasi. Sesampainya di lokasi parkir, para wisatawan akan disambut baik oleh penduduk sekitar. Mereka akan menawarkan penitipan kendaraan di rumah-rumah mereka. Tak usah kaget, karena tak ada parkiran khusus yang tersedia sehingga untuk menemukan parkir yang nyaman, rumah-rumah penduduk lah pilihannya.

air terjun grojokan watu conggol 3

Sepeninggalnya dari tempat parkir, wisatawan masih harus berjalan setapak sejauh 200 m melintasi alam yang masih murni. Sepanjang perjalanan para wisatawan tidak akan akan menemukan fasilitas-fasilitas pendukung pariwisata, justru wisatawan akan menemukan banyak pepohonan masih berdiri tinggi menjaga kemurnian alamnya, diselingi beberapa grombol semak belukar. Jika dibayangkan penjelajahan kali ini bagaikan di hutan, sehingga butuh persiapan fisik dan mental yang kuat. Setelah itu barulah wisatawan akan memasuki kawasan air terjun. Namun perlu diperhatikan bahwa jalan menuju air terjun licin dengan bebetapa kumpulan bebatuan.

air terjun grojokan watu conggol

Segala rasa lelah pengunjung akan sirna ketika memandang pesona Grojogan Watu Jonggol setinggi 60 m, gagah dan menampakkan hawa sejuk. Di sebelah kanan dan kirinya dikelilingi pepohonan rimbun, yang senantiasa menjaga kegagahannya. Kucuran airnya menimbulkan rasa dingin yang menyeruak. Menambah kesegaran bagi para wisatawan. Selain itu suasana alam menawarkan ketenangan, sangat pas sebagai tempat untuk menenangkan segala kekalutan pikiran.

  • Tiket

Memasuki wisata Grojogan Watu Jonggol Jogja bebas tanpa biaya tiket masuk. Wisatawan hanya membayar tempat parkir pada para penduduk.

Related Post

Leave a reply