Candi Morangan Jogja

1855 views

Candi Hindu Paling Utara di Yogyakarta.

candi morangan

  • Akses

Candi Morangan terletak di Dusun Morangan, Sindumartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini merupakan candi paling utara di Yogyakarta. lebih tepatnya candi yang paling dekat dengan Gunung Merapi dan hanya berjarak 100 saja dari Kali Gendol. Oleh karenanya jika terjadi letusan Merapi, candi ini rawan dibanjiri oleh lahar dingin.

candi morangan 4

  • Keistimewaan

Candi Morangan ditemukan pada tahun 1982 setelah terpendam pada kedalaman 6,5 meter di bawah tanah. Candi ini dibangun pada abad ke-9 dan ke-10 pada masa Kerajaan Mataram Kuno yang beragama Hindu. Dulunya candi ini dijadikan sebagai tempat ibadah umat Hindu.

Candi Morangan Jogja terdiri atas candi induk dan candi perwara yang terbuat dari batu andesit. Bangunan candi induk mengahadap ke arah barat berukuran 7,95 x 7,95 meter, terdiri dari kaki candi, tubuh candi dan atap candi. Ketiganya dalam Agama Hindu memiliki makna alam, yaitu bhurloka, bhuvarloka dan svarloka. Adapun bangunan candi perwara berukuran 4 x 4 meter dan menghadap ke arah timur.

candi morangan 3 candi morangan 5

candi morangan 2

Di kawasan candi terdapat beberapa relief unik, yang secara besar dapat dirinci sebagai berikut:

-         Relief dua laki-laki yang mengapit tumpukan bunga.

-         Relief dua wanita yang mengapit kendi besar dan membawa kendi-kendi kecil.

-         Relief dua wanita yang menunggang gajah.

-         Relief tiga orang resi yang membawa lontar pustaka (kitab suci) dan uptala (teratai biru).

-         Relief kepala Resi Agastya dalam relung.

-         Relief ayam jantan yang disangga gana (makhluk kecil pengiring Shiwa).

Namun penemuan yang paling unik adalah adanya panel relief yang menggambarkan sebagian cerita Tantri Kamandaka tentang seekor harimau yang tertipu oleh seekor kambing. Unik karena biasanya relief tersebut ada pada bangunan candi Agama Budha. (Um-R)

Map

Related Post

Leave a reply