Candi Klodangan Jogja

Situs Unik yang Ditinggal Penduduk.

candi klodangan 2

  • Akses

Candi Klodangan terletak di Dusun Klodangan, Desa Sendangtirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Letaknya memang tidak mudah untuk dijangkau, karena keberadaannya ada di tengah persawahan yang jarang didatangi pengunjung. Sehingga untuk mencapainya wisatawan perlu banyak bertanya pada para penduduk sekitar.

  • Penemuan

Candi Klodangan Jogja ditemukan pada 3 Juni 1998 pada kedalaman 120 cm di bawah tanah di salah satu ladang warga. Awalnya pemilik ladang berniat bercocok tanam, ketika ia sedang mencangkul tak sengaja menemukan beberapa bongkahan batu yang dianggap bukan batu biasa. Ia kemudian melaporkannya ke Dinas Purbakala, yang akhirnya tanah tersebut dibeli oleh Dinas Purbakala untuk dilakukan penggalian dan penelitian lebih mendalam.

candi klodangan 3 candi klodangan 4

  • Keistimewaan

Situs Candi Klodangan Jogja mempunyai luas 215 meter persegi dengan luas candi 56,25 meter. Berdenah bujur sangkar, dan tersusun dari batu-batu putih berbentuk persegi. Jika dipandang sekilas bangunannya akan tampak belum jadi. Benar, candi ini memang belum selesai digali, sehingga bentuk aslinya belum dapat dinikmati oleh wisatawan. Menurut penelitian, candi ini dibangun pada abad ke-9 sampai 10 dan dulunya sebenarnya bangunan candi sendiri belum selesai dibangun dan sudah ditinggalkan penduduk. Di lokasi candi tidak ditemukan arca, yoni, atau relief satupun, sehingga tidak dapat diidentifikasi apakah termasuk candi Hindu atau Budha. Ini masih menjadi misteri sejarah bagi masyarakat. Harapannya semoga misteri tersebut segera terpecahkan, dan pada akhirnya dapat menambah kekayaan budaya Yogyakarta dan Indonesia. (Um-R)

Related Post

Leave a reply