Candi Kalasan Yogyakarta

Candi Budha tertua di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

candi kalasan

  • Akses

Candi Kalasan terletak di Dusun Kalibening, Desa Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Terletak 14 km sebelah timur dari pusat Kota Yogyakarta dan hanya berjarak 2 km dari Candi Prambanan.

  • Sejarah

Candi Kalasan Yogyakarta atau yang disebut Candi Tara merupakan candi Budha tertua di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dibangun oleh Rakai Panangkaran yang sebenarnya beragama Hindu. Pembangunan candi ini berawal atas nasehat dari sang guru bernama Wanca Sanjaya penganut agama Budha, untuk membangun sebuah candi sebagai penghormatan kepada Dewi Tara dan asrama bagi para pendeta Budha. Sang guru kemudian meminta persetujuan kepada Maharaja Tejahpurnampana Panamkarana, mustika Keluarga Syailendra (Syailendra Wangsatikala). Maharaja lalu memberikan tanah Desa Kalasan sebagai tempat berdirinya candi.

candi kalasan 8

Selanjutnya Candi Kalasan dibangun untuk pemujaan Dewi Tara, sedangkan sebagai asrama para pendeta Budha dibuatlah Candi Sari yang berada 300 meter sebelah utara Candi Kalasan. Hal itu berdasarkan prasasti di sekitar candi yang dibuat pada tahun saka 700 atau 778 Masehi dengan huruf Pranagari dan berbahasa sansekerta. Selain itu pembuatan Candi Kalasan juga dimaksud sebagai hadiah pernikahan Raja Pancapana dari Dinasti Sanjaya dengan Dyah Pramudya Wardhani dari Dinasti Syailendra.

  • Keunikan

Bangunan Candi Kalasan dibuat bujur sangkar berukuran 34×45 meter dengan tinggi 34 meter. Bagian atap berbentuk segi delapan yang terbagi menjadi dua bagian yang keduanya terdapat arca Budha, kemudian di atasnya terdapat stupa.

candi kalasan 4 candi kalasan 3

candi kalasan 2

Tubuh bagian atas candi dihiasi oleh pohon dewata dengan lukisan awan dan penghuni kayangan yang memainkan musik tradisional mereka. Adapun bagian tengah tubuh candi terlihat agak menonjol ke depan. Pintu masuk berada di sebelah utara dan selatan dengan dijaga hiasan kala di setiap pintunya. Di beberapa bagian tubuh candi terdapat hiasan gana. Kemudian fondasinya dibangun berbentuk Greek Cross.

  candi kalasan 7

Dari sekian keindahan candi, yang paling unik adalah di sekeliling tubuh candi dilapisi oleh vajralepa, bahan berwarna kekuning-kuningan yang dihasilkan getah salah satu tumbuhan. Fungsinya untuk memperhalus hasil ukiran candi dan melindungi dari bermacam-macam jamur dan lumut. Bangunan yang unik tersebut menjadikan proses pemugaran terjadi hingga tiga kali. (Um-R)

Map :


Related Post

Leave a reply