Candi Gebang Yogyakarta

candi gebang 3

  • Akses

Candi Gebang terletak di Dusun Gebang, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Dari asal letaknya lah kemudian candi ini dinamakan Candi Gebang. Letaknya hanya berjarak 11 km dari pusat Kota Yogyakarta, sehingga mengunjungi candi ini tak membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra. Untuk mencapai candi wisatawan harus menemukan Pasar Condongcatur terlebih dahulu. Dari pasar ini ada ada gang belok kiri masuk jalan. Wisatawan hanya tinggal lurus sampai sejauh satu km.

  • Sejarah

Candi Gebang Yogyakarta ditemukan pada tahun 1936 oleh seorang penduduk. Awalnya dia sedang mencangkul tak sengaja sengaja menemukan sebuah arca Ganesha, setelah ditelusuri ternyata ada sebuah candi di sana. Kemudian pada tahun 1937-1939 candi mulai dibugar oleh Prof. Ir. F.R. Van Romondt.

Tentang pembuatan candi tak ada keterangan secara jelas waktu yang menyebutkan. Hanya saja menurut penelitian candi hindu ini dibangun Wangsa Sanjaya sekitar tahun 730 – 800 M pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Hal itu berdasarkan bentuk candi yang sederhana, polos tanpa ukiran-ukiran yang menghiasai candi.

candi gebang 2

  • Keindahan Candi

Candi Gebang termasuk candi tak begitu besar dan hanya berukuran 5,25 x 5,25 meter, dan tinggi 8 meter. Berdiri tegak menghadap arah timur. Di empat sudut halaman candi terdapat lingga patok. Di belakang candi terdapat arca Ganesha dengan posisi duduk di atas yoni. Di dalam candi tidak terdapat tangga atau undakan untuk menaiki candi, sehingga untuk naik harus membawa tangga sendiri dari luar. Ini membuktikan bahwa fungsi candi ini sebenarnya bukan untuk dinaiki. Pada bagian atas candi tidak berbentuk stupa seperti candi hindu lainnya. Namun, terdapat sebuah lingga yang ditempatkan di atas bantalan seroja.

candi gebang 5

Candi ini terletak di tengah-tengah sebuah halaman luas dan bersih. Pada tepi halaman dikelilingi pepohonan dan rumput-rumput hijau yang terpelihara. Sehingga ketika berkunjung wisatawan akan mendapatkan kesan nyaman. Selain itu, bentuk candi yang cukup kecil memudahkan wisatawan untuk mengamati keseluruhan candi.

  • Tiket

Mengunjungi Candi Gebang Yogyakarta wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 3000,.

Related Post

Leave a reply