Candi Banyunibo Jogja

candi banyunibo 6

  • Keistimewaan

Candi Banyunibo Jogja merupakan salah satu obyek wisata bernilai sejarah. Nama Banyunibo berasal dari bahasa Jawa yang berarti “air yang menetes”. Candi Budha ini ditemukan pada November 1940 dalam keadaan runtuh, maka dilakukanlah pemugaran awal selama dua tahun. Kemudian pada tahun 1962 dilanjutkan pemugaran dasar, kaki, dan tubuh candi, hingga akhirnya pada 1978 pemugaran baru benar-benar selesai. Tentang pembangunan candi belum dapat dipastikan kapan waktunya, hanya saja berdasarkan reliefnya diperkirakan candi ini dibangun abad ke-9 pada masa kejayaan Kerajaan Mataram Kuno.

candi banyunibo 5

Bangunan Candi berdiri setinggi 14 meter dengan lebar 15 meter x 14 meter, sedangkan ketinggian kaki candi sendiri berukuran 2,5 meter. Pada bagian atas terdapat stupa, seperti yang ada pada umumnya candi Budha. Di sebelah timur, utara dan selatan candi dikelilingi hiasan kepala raksasa (kala makara), sedangkan pada bagian barat terdapat tangga untuk menaiki candi. Sebagai candi utama ia dikelilingi enam buah candi perwara (candi pendamping), tiga perwara di selatan dan tiga perwara di timur candi. Pada dinding candi dihiasi dengan relief-relief berjiwa seni tinggi, salah satunya relief yang disebut Dewi Hariti. Dewi Hariti adalah seorang wanita yang dalam agama Budha disebut Dewi Kesuburan. Ada juga versi lain yang menyebutnya sebagai Dewi Kekayaan. Kemudian di gerbang masuk terdapat sebuah relief seekor singa, yang seakan-akan menjadi penjaga candi.

candi banyunibo 2

  • Akses

Candi Banyunibo terletak di Dusun Cepit, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jaraknya dari Candi Prambanan hanya 5 kilometer ke arah selatan dan 2 km ke barat daya dari Istana Ratu Boko. Lokasinya berada di tengah pemandangan alam yang masih asri, diantara pepohonan rimbun. Sehingga ketika mengunjungi candi ini ada rasa sejuk dan nyaman yang akan wisatawan rasakan. Namun sayangnya wisata ini belum banyak dikunjungi karena akses kendaraan umum belum mencapainya. Sehingga Candi Banyunibo Jogja seringkali dianggap terpencil dan sebatang kara.

  • Tiket

Tiket masuk gratis.

  • Jam Buka

Wisata Candi Banyunibo Jogja buka pukul 07.00 – 17.00 WIB.

candi banyunibo 4

Related Post

Leave a reply