Besok 15 Ribu Pelari Meriahkan Borobudur 10K

Borobudur-Temple

MAGELANG – Lebih dari 15.000 pelari dari 20 negera akan berlaga dalam lomba lari Borobudur 10 Kilometer (10K) di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Minggu (16/11/2014) besok.

Peserta yang berasal dari kalangan atlet, pelajar, dan masyarakat umum itu akan memperebutkan total hadiah mencapai Rp 1 miliar.

Ketua Panitia Borobudur 10K Budi Cahyadi mengatakan, minat peserta dari luar negeri cukup besar dalam ajang lomba tahunan ini. Sejumlah nama atlet lari profesional dari berbagai dunia tercatat sebagai peserta.

Bahkan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O Blake Jr juga akan ikut lomba Borobudur 10K.

Atlet-atlet yang akan bersaing di lomba ini meliputi Joseph Mwangi Ngare, Justus Kiptoo dan Kenedy Lilan dari Kenya; lalu Kosila Katiber, Noor Safic Aizat, dan Silas Muturi dari Malaysia; Arne van Looveren dari Belanda dan Stevan Kundsen dari Denmark.

“Ada juga pelari dari Jepang seperti Fuji Nobunao, Chie Simizu, Micky Yokoyama, dan Keita Matsumotho, serta pelari-pelari lain dari Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia dan sebagainya,” kata Budi di sela-sela persiapan lomba, Sabtu (15/11/2014).

Dari dalam negeri, ada 7.200 pelajar dari seluruh Indonesia yang akan berpartisipasi dalam event tersebut. Mereka berasal dari Semarang, Sragen, Surakarta, Cepu, Blora, Ungaran, Salatiga dan lainnya.

Penggagas Borobudur 10 K, Liem Cie An, menyebutkan, lomba ini digelar sebagai bagian dari program pemerintah untuk mencari bibit atlet lokal. Lebih dari itu, pihaknya ingin ikut berpartisipasi mempromosikan pariwisata candi Buddha terbesar itu ke dunia internasional melalui ajang olahraga.

Tidak hanya candi Borobudur, akan tetapi juga beragam potensi dan keindahan alam di sekitar warisan budaya dunia itu.

“Lomba akan dimulai pukul 06.00 WIB, garis start di Taman Lumbhini lalu bekelilling di sekitar Candi Borobudur dan kembali ke garis finish di Taman Lumbhini,” kata Budi. (*)

Sumber : Tribunjogja

news

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Leave a reply