Acara Pembukaan FKY Ke 26 Telah Di Gelar

fky laser

Iring-iringan kirab 26 kontingen menandai dibukanya Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) XXVI 2014.

Diawali dari jembatan Gondolayu, rombongan beriringan menuju ke barat menuju Jl. Margo Utomo. Masing-masing rombongan sempat berhenti pas di depan panggung utama yang terdapat di Tugu Yogyakarta untuk menampilkan performance art serta menyapa penonton yang telah memadati seputar panggung.

Iring-iringan itu dimulai oleh pertujukan Kirab Bergada Hamengkubuwono yang lalu diikuti oleh rombongan Reog Putri dari Bantul, Langen kudho budoyo serta Blendrong Buto Rampok dari Kulon Progo, dan kelompok-kelompok seni dari Yogyakarta serta Gunungkidul.

Tidak cuma itu, dalam rombongan itu juga ada banyak grup lain seperti Barongsai, Bungah Cosplay Team, Srikandi Stella Duce, Jampi Tuntut, Kebun Binatang Senang Loka, grup Penggemar Anjing, serta Grup Pengagum Air Soft Gun. Iring-iringan lalu ditutup oleh pawai 26 angkringan yang disiapkan gratis untuk pengunjung acara pembukaan FKY XXVI itu.

Pembukaan FKY Cukup Meriah

Ketua Panitia FKY XXVI 2014 Setyo Harwono mengatakan bahwa selain sebagai penanda dibukanya FKY, kirab budaya itu juga adalah refleksi atas banyak kelompok-kelompok seni, budaya, serta komunitas-komunitas kreatif di Yogyakarta.

Walau demikian, karena menyesuaikan dengan seri FKY, yaitu 26, maka pihaknya cuma membatasi jumlah kontingen peserta kirab itu cuma 26 grup saja. “Kalau dibebaskan, terang dapat kian lebih 50 grup, ” jelasnya.

Dikatakannya, sesudah kirab, acara dilanjutkan dengan seremonial pembukaan yang rencananya bakal di buka oleh Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam IX.

“Kami akan mengadakan acara salutation untuk mantan-mantan ketua FKY terdahulu. Barulah kemudian disusul dengan bermacam pentas seni dari mulai yang tradisional sampai moderen, ” ucapnya.

Tidak cuma terpusat di Tugu Jogja, acara pembukaan juga di gelar di panggung Plasa Pasar Ngasem. Di panggung itu, pihaknya mengadakan acara tumpengan serta sebagian pentas seni. FKY XXVI sendiri berjalan selaman satu bulan, mulai 20 Agustus-19 September 2014. Untuk FKY th. ini, aktivitas bukan sekedar terpusat di Kota Yogyakarta saja, tetapi juga di 4 kabupaten yang lain.

Foto : twitter.com

FKY JOGJA news

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Leave a reply