Waspada, Tiga Hari ke Depan Gelombang Pantai Selatan Meninggi

ombak

GUNUNGKIDUL – Tim Search And Rescue (SAR) menghimbau kepada seluruh wisatawan dan nelayan di Pantai Selatan Gunungkidul untuk meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, dalam tiga hari kedepan terjadi gelombang tinggi.

Koordinator SAR Wilayah I, Sunu Handoko Bayu Sagara, mengatakan dari informasi yang diterima pihaknya, dalam tiga hari kedepan, ketinggian gelombang di pantai selatan berkisar antara 5-8 feet. Kondisi tersebut sangat berbahaya sehingga para wisatawan dan nelayan diharapkan lebih waspada.

“Gelombang tinggi ini terpantau mulai Sabtu (31/1/2015) dengan ketinggian gelombang 5 feet. Hari ini tadi tinggi gelombang terus meningkat bahkan mencapai 8 feet,”katanya, Minggu (1/2/2015).

Informasi mengenai gelombang tinggi ini menurut Handoko sudah disampaikan kepada para nelayan. Hanya saja, masih ada beberapa nelayan yang tetap nekad melaut dengan alasan ikan cukup melimpah.

Sementara untuk menjaga keamanan para wisatawan, diterjunkan 30 personel guna berjaga di Pantai sadeng, Jungwok, Wediombo, Siung, Njogan, Nglambor dan pantai Timang. Petugas di lapangan selain melakukan pengawasan juga memberikan himbauan kepada wisatawan untuk tidak berenang di laut.

“Kita terus berikan himbauan kepada para wisatawan untuk berhati-hati. Kita larang untuk berenang di laut karena gelombang tinggi,”ucapnya.

Sementara dihubungi terpisah, koordinator SAR Pantai Baron, Marjono mengakui kalau gelombang cukup tinggi disertai angin cukup kencang. Untuk itu pihaknya menerjunkan seluruh personel untuk mengamankan para wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata pantai di sekitar Baron.

“Memang gelombang tinggi, hari ini terpantau cukup tinggi tapi semua masih aman,”ucapnya.

Dia menambahkan, seluruh wisatawan yang hendak beriwisata ke pantai diharapkan menaati himbauan yang disampaikan oleh petugas SAR. Wisatawan diharapkan tidak berenang di laut karena pantai selatan cukup berbahaya.

“Kita tadi terus himbau melalui pengeras suara supaya wisatawan tidak berenang di laut. Informasi yang kami terima gelombang tinggi akan terjadi hingga tiga hari ke depan,”imbuhnya.

Sumber : Tribunjogja

cuaca gelombang news ombak

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.