Waspada! Angin Kencang

angin

JogjaLand.net, SLEMAN – Kepala Bidang Kesiapsiagaan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Heru Saptono mengatakan awal musim hujan merupakan masa yang rawan terjadinya angin kencang. Kendati demikian, daerah rawan angin kencang sulit diprediksi.

“Cenderung berpindah-pindah, sehingga awal musim hujan kali ini dengan musim hujan tahun lalu lokasinya berbeda. Pada musim hujan kali ini, kami menerima laporan terjadinya angin kencang berada di Pakem, Cangkringan, dan Tempel,” paparnya, Rabu (26/11/2014).

Sulitnya memprediksi lokasi terjadinya angin kencang ini, membuat warga Sleman untuk selalu waspada. Salah satunya dengan mengenali tanda-tandanya.

“Tanda-tanda antara lain perubahan suhu yang mendadak, yakni udara terasa gerah. Sementara awan gelap mulai menggumpal di atas. Ini perlu diwaspadai,” kata dia.

Menurutnya selain dua tanda tersebut, terjadinya angin kencang biasanya diawali dengan hujan lebat yang turun tiba-tiba disertai guntur dan petir. Kondisi ini diprediksi akan terus berlangsung hingga awal Januari mendatang.

“Kondisi cuaca ekstrem biasa terjadi saat awal musim atau pergantian musim. Kami meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan,” ungkapnya.

Sumber: Tribunjogja

news

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Leave a reply