Tiga Kawasan Polusi Tertinggi di Yogya

jalan-maliopboro
YOGYA – Peningkatan kepadatan lalu lintas di Kota Yogyakarta berimplikasi bagi meningkatnya tingkat polusi. Tercatat tiga wilayah di Yogyakarta memilki tingkat polisi tertinggi, yakni di kawasan Jl Menteri Supeno, Kawasan Jl Jenderal Sudirman dan Jalan Malioboro.

Pemantauan ini dilakukan oleh Pusat Studi Transportasi dan Logistik UGM bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta, pada tahun 2012. Hasil dari penelitian tersebut, pada Kamis (27/11/2014) dilakukan Public Expose oleh Tim Inventarisasi Emisi Kota Yogyakarta.

Peneliti Pustral UGM, Sa’duddin menjelaskan pencemaran udara itu salah satunya disebabkan oleh banyaknya kendaraan pribadi seperti kendaraan bermotor dan mobil yang melintas. Masalah penurunan kualitas udara sehat dan bersih di Kota Yogyakarta juga disebabkan karena semakin berkurangnya pepohonan sebagai akibat dari adanya alih fungsi lahan menjadi kawasan budidaya baik untuk kawasan permukiman maupun kawasan komersial.

“Tingginya tingkat polusi itu juga disebabkan oleh jenis bahan bakar yang dipakai oleh kendaraan, itu menyumbang polusi tertinggi,” ujar Sa’aduddin, dalam public expose tentang Inventarisasi Emisi dan Penghitung Beban Emisi Pencemar di Balaikota, Kamis (27/11/2014).

Dalam penelitian tersebut, ruang lingkupnya mengidentifikasi seluruh sumber yang berpotensi mencemari udara dan menghitung jumlah pencemar udara yang diemisikan dari setiap sumber pada tahun 2012. Pencemar udara yang diinventarisir antara lain nitrogen oksida (NOx), sulfur dioksida (SO2), Mikrometer (PM10), Karbonmonoksida (CO) dan Karbondioksida (CO2). Ia melakukan dua survei pada sumber bergerak seperti kendaraan, dan sumber tidak bergerak seperti area industri, hotel, rumah sakit dan pusat perbelanjaan.

Sumber : Tribunjogja

berita jalan news polusi

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Leave a reply