TETAP PRODUKTIF DIKALA PANDEMI

sat1

(sumber : entrepreneur.com)

Kebijakan pemerintah menetapkan program social distancing menuntut masyarakat untuk mengubah kebiasaan sehari-sarinya diluar ruangan. Kegiatanyang biasanya dilakukan diluar seperti sekolah, kampus, perkantoran, wisata, dan kegiatan lain ditutup dan dialihkan melalui daring untuk memaksimalkan pencegahan penyebaran virus corona.

Program dapat disikapi oleh masing-masing dari kita baik positif maupun negatif. Salah satuny dampakya ruang gerak kita menajdi terbatas namun meski begitu waktu luang yang kita miliki lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Karena mayoritas kegiatan dilakukan dirumah.

Mayoritas masyarakat mengeluhkan dan merasa bosan ketika dirumah akibat mereka hanya mengerjakan kewajiban mereka sesuai dengan profesi masing – masing. Namun meski di tengah pandemi ini kita bisa melakukan hal – hal yang produktif dan bermanfaat bagi kita maupun orang lain. Berikut ini beberapa hal produktif yang bisa anda lakukan di rumah.

 

  1. Olahraga Rutin

 

sat2   

(sumber : suara.com)

Meski hanya berkegiata dari rumah sangat penting bagi kita untuk menjaga imunitas tubuh salah satunya yaitu dengan berolahraga. Kita bisa memanfaatkan waktu untuk berolahraga rutin. Olahraga secara rutin menadi cara untuk menjaga kesahatan, kebugaran, dan daya tahan tubuh. Ada beberapa olahraga yang dianjurkan yaitu olahraga persarafan untuk menjaga kesehatan dan olahraga fisik untuk menjaga kebugaran.

Olahraga persarafan dengan tiga cara yaitu pernapasan, vokalisasi, dan postur. Olahraga pernapasan bisa dilakukan dengan senam yoga, olahraga vokalisasi dengan bersenandung atau memebaca Al qur’an sedangkan postur dengan gerakan taichi maupun dengan gerakan salat.

Untuk Olahraga fisik dianjurkan untuk tidak dilakukan secara berlebihan karena bisa menganggu kesehatan tubuh. Olahraga fisik bisa dilakukan saat menjalankan aktivitas sehari – hari yang melibatkan otot besar dan fisik tubuh.

  1. Mengambil Peluang Bisnis

 

sat3

(sumber : freedesignfile.com)

 

Jika ingin tetap produktif manfatkanlah peluang yang ada di masa pandemi ini. Banyak bisnis yang mulai dilakukan serba online. Gunakan keahlian kita untuk memulai bisnis yang sesuai dengan bidang kita masing – masing. Kesempatan ini dapat diambil karena keterbatasn ruang gerak mayoritas dari pembeli lebih memilih berbelanja online dan barang diatarkan sampai rumah.

Maka dengan keadaan seperti ini berjualan secara online adalah Langkah yang menjanjikan. Teman-teman dapat memanfaatkan marketplace dan situs – situs penyedia menjual jasa yang sudah disediakan sebagai salah satu media untuk berbisnis secara online. Karena hal ini bisa menjadikan kita lebih produktif di tengah kondisi pandemi.

  1. Menonton Film

 

sa4

(sumber : pinterest)

Mayoritas dari kita pasti memiliki rasa penat ketika harus melakukan kegiatan dari rumah. Disisi lain tidak bisa kemana mana karena dibatasi. Menonton film dapat menjadi alternative untuk merefresh pikitan dan juga hiburan.

Menonton film bisa membuat kita jadi lebih tenang dan rileks. Film film yang menyenangkan tidak haru yang bergenre komedi. Film horror, action, atau film lainnya bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu senggang.

Selain itu kita bisa mengambil hal positif seusai menonton film. Kita bisa membuat resensi atau review yang sudah kita tonton dan kita bisa meunggahnya ke website maupun di social media kita. Selain mendapat pengetahuan baru kita juga dapat melatih skill menulis juga kan.

 

 

  1. Bermain Game

 

sat5

(sumber : urbanasia.com)

Selain menonton film, bermain game menjadi alternative lain untuk mengatasi rasa bosan saat di rumah. Saat ini bermain game bukanlah suatu hal yang buruk. Bermain game banyak sekali manfaat yang dapat diambil.

Bermain game bisa menjadi penghilang stres maupun penghilang penat. Kita  juga bisa menjalin komunikasi dan kerjasama antar tim agar menang dalam bermain game. Selalin itu game sekarang ini sudah menjadi ajang kompetisi. Seiring berkembangnya zaman game bukan hanya digunakan sebagai hiburan.

Dengan hal itu kita bisa lebih produktif mendapatkan keuntungan dengan bermain game seperti menjadi pro player dengan ikut turnamen turnamen yang ada, menjadi streamer melalui website dan masih banyak lagi yang bisa kita ambil manfaat dengan bermain game.

  1. Lakukanlah Hal yang Positif

 

sat6

(sumber : pinterest)

Cobalah untuk memulai memberikan waktu untuk diri kita sendiri. Lakukanlah kegiatan kegiatan positif yang bisa membuat manfaat bagi diri kita meski sedikit pun. Karena hal itu bisa membuat kita bisa produktif untuk melakukan segala hal yang akan kita lakukan nantinya.

Ada banyak orang yang belajar mengambil hikmah dari pandemi ini, namun ada juga yang tidak belajar karena produktivitas itu dimulai dari kemauan diri kita sendiri.

 

Penulis : Satrio Wibowo 

Pimpinan Redaksi : M. Reza Afrizal

Editor : Rifky Sutanto

Layouter : Moh. Sami’udin

Related Post

Comments are closed.