Transformasi digital: merubah inovasi menjadi solusi

 

ihsan 1

Sumber (pinterest)

 

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat berdampak pada beberapa sekotor industry. Beberapa lini yang sebelumnya terkesan mainstream kini mulai berinovasi , penggunaan media digital menjadi sebuah solusi dan juga pilihan tepat untuk masyarakat terutama generasi milenial saat ini.

 

Dampak dari pergeseran dari media konvensional ke digital telah dirasakan manfaatnya seperti kemudahan akses dan kecepatannya. Tentunya hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat era digital dimana aktifitasnya tak jauh dari teknologi. Berikut adalah beberapa bentuk transformasi digital yang mungkin sebagian sudah kita rasakan hasilnya saat ini

 

ihsan 2

sumber (mediakonsumen.com)

 

1. Ojek Online selalu ada setiap saat

Hingga saat ini moda jasa transportasi merupakan salah satu sarana utama yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dahulu, tak jarang masyarakat harus rela menunggu lama dan berjalan cukup jauh untuk menuju ke tempat jasa transportasi atau biasa disebut pengkolan. Namun, seiring kemajuan teknologi muncul inovasi baru yaitu kemunculan transportasi online berbasis aplikasi (ojol).

 

Dengan peralihan ke media digital saat ini masyarakat mulai beranjak  menggunakan transportasi online (ojol) dikarenakan biaya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan ojek non aplikasi, dan pemesanannya yang cukup mudah karena hanya menggunakan smartphone dan jaringan internet saja maka layanan ini bisa langsung dapat di pesan.

 

ihsan 3

Sumber (aidianetwork)

 

2. E-book jadi solusi mudah, no ribet!

Pepatah bijak mengatakan buku adalah jendela dunia, ya tentu kita dapat mengetahui sisi lain dunia hanya lewat buku. Seiring berkembangnya teknologi saat ini buku sudah dapat dibaca melalui perangkat elektronik seperti gadget atau pc, hal ini dikenal dengan istilah elektronik book (e-book). Ibarat perpustakaan situs penyedia layanan e-book menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan efisiensi waktu dan mudah dalam mencari dan membaca berbagai macam buku.

 

Untuk mengakses e-book juga cukup mudah karena dapat dilakukan melalui pc atau gadget, kita tidak perlu khawatir buku akan rusak atau menjadi beban karena harus menyimpan banyak buku, karena dalam e-book kita bisa mengunduh dan mengakses berbagai macam buku baik yang gratis hingga berbayar hanya melalui sebuah perangkat elektronik yang mendukung, sehingga hal ini lebih memudahkan untuk disimpan dan dicari jika sewaktu-waktu di butuhkan.

 

ihsan 4

Sumber (pinterest)

 

3. Malu bertanya, GPS jadi acuan

GPS (Global Positioning System) atau sistem navigasi berbasis satelit global yang digunakan sebagai alat untuk mengetahui dan melacak sebuah objek atau tempat di seluruh muka bumi. Keberadaan perangkat GPS dirasa sangat membantu dengan kolaborasi beberapa aplikasi pemetaan sehingga menghasilkan sebuah sistem navigasi.

 

Dengan adanya GPS dapat memudahkan aktivitas kita dalam mencari sebuah lokasi tanpa perlu bertanya-tanya lagi pada orang lain.Sistem GPS kini banyak beberapa perusahaan teknologi yang mengandalkan GPS sebagai sistem navigasi pada bagian layanannya misalnya perusahaan ojek onlinenya. Penggunaan sistem navigasi dalam bentuk aplikasi juga sangat mudah digunakan pasalnya hampir seluruh aplikasi pemetaan di smartphone saat ini sudah dibekali dengan fitur tersebut dan hanya membutuhkan sinyal dan koneksi internet sdalam penggunaannya.

 

ihsan 5

Sumber (fintekmedia)

 

4. Transaksi lebih aman dan mudah dengan dompet digital

Kemajuan teknologi telah melahirkan perubahan metode dalam bertransaksi. Perubahan cara bertransaksi yang biasanya menggunakan sistem tunai hingga kini merambah ke sistem digital atau biasa disebut dengan istilah e-wallet. Saat ini Dompet digital (e-wallet) yang kita kenal saat ini sebagai model pembayaran baru non tunai dengan menggunakan sistem uang elektronik dalam bertransaksi. Penggunaan Dompet digital sebagai sarana transaksi memiliki berbagai macam keunggulan diantaranya adalah praktis, aman, serta mudah digunakan. sehingga melihat hal ini sebagai era baru dalam masyarakat saat ini mulai pada merupakan tahap awal yang mengurangi transaksi secara tunai.

ihsan 6

 

5. Memulai usaha dengan Marketplace

Jika dahulu pedagang perlu menyewa ruko atau membangun sendiri tempat usahanya jika ingin berjualan, atau bahkan sebagian harus menjajakan dagangannya dahulu ke pasar agar jangkauan pembeli lebih meluas. Tentunya, hal ini cukup menguras tenaga dan waktu bagi sebagian pihak terkait kendala tersebut. Namun, kini era digital telah berkembang pesat sehingga saat ini munculah beberapa platform marketplace sebagai jawaban dari semua permasalahan tersebut.

 

Marketplace sendiri adalah sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko seperti halnya pasar atau departement store pada umumnya serta dengan berbagai macam produk jualan yang bervariasi. Dengan adanya Marketplace, semua fasilitas dan sarana kemanan telah terjamin, jadi para penjual pun hanya memosting produk jualannya kemudian tinggal menunggu saja orderan dari para pembeli, mudah bukan?

 

Penulis : Ikhsan Rofiqi 

Pimpinan Redaksi : M. Reza Afrizal

Editor : Rifky Sutanto

Layouter : Moh. Sami’udin

Related Post

Comments are closed.