Situs Goa Sentono Jogja

situs goa sentono 2

  • Akses

Situs Goa Sentono terletak di Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya hanya berjarak 200 meter dari Candi Abang, sehingga untuk mencapainya searah dengan jalan menuju Candi Abang Yogyakarta.

situs goa sentono

  • Keistimewaan

Situs Goa Sentono Jogja merupakan goa buatan manusia yang dipahat pada sebuah batu, dan sering disebut ceruk. Goa ini mempunyai tiga ceruk yang saling bejajar. Ceruk pertama berisi lingga yoni dan di dindingnya terdapat pahatan dewa umat Hindu yaitu Dewa Durga dan Dewa Agastya. Ceruk kedua berada di tengah berisi lingga yoni dan tiga arca yang merupakan pahatan relief Trimurti. Adapun ceruk ketiga berupa lubang yang dipakai sebagai pembakaran saat persembahan. Dilihat dari pahatan-pahatan tersebut dapat disimpulkan bahwa candi ini adalah milik umat Hindu pada masa Kerajaan Mataram Kuno.

situs goa sentono 5situs goa sentono 3

Gambaran pada Situs Goa Sentono Jogja memiliki kemiripan pada Situs Goa Selomangleng di Kediri dan Goa Selomangleng di Tulungagung. Ini merupakan hal yang istimewa. Dengan begitu ini menjadi bukti kemungkinan adanya hubungan latar belakang sama antara ketiga situs tersebut, karena ternyata pada abad ke-10 Kerajaan Mataram kuno berpindah pemerintahan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur.

  • Sejarah

Pembuatan Goa Sentono belum dapat diketahui waktu pastinya. Hanya saja menurut penelitian Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Propinsi DIY bahwa pembuatannya hampir sama dengan waktu didirikan Candi Abang, yakni tahun 782 M. Adapun penemuan Lingga dan yoni yang melambangkan Dewa Siwa, desa sakti orang Hindu maka dapat disimpulkan bahwa Gua Sentono dulunya adalah tempat pemujaan dan pertapaan.

situs goa sentono 4

Related Post

Leave a reply