Situs Payak Yogyakarta

situs candi payak 2

  • Keunikan

Membahas sebuah situs candi takkan lepas dari keunikan yang tersimpan. Keunikannya pun mengacu pada sejarah masa lalu yang akan menarik untuk diamati secara mendalam. Kali ini mari kita amati salah satu situs candi kecil namun mampu menarik minat kunjungan para wisatawan, yakni Situs Payak Yogyakarta.

situs candi payak 3

Situs Payak Yogyakarta memiliki bentuk unik, yakni membentuk huruf U menghadap Barat Daya dengan ukuran 3×1 meter. Pada dinding dasar situs terdapat sebuah ceruk 25×25 cm yang menurut penelitian berfungsi sebagai saluran air. Maka dari bentuk ini diperkirakan Situs Payak dulunya adalah tempat pemandian dan penempatan air suci.

Di situs ini pernah ditemukan sebuah arca Dewa Siwa dengan posisi duduk dan terbuat dari batu putih, yang menandakan bahwa situs ini adalah milik umat Hindu. Namun sekarang arca tersebut telah disimpan dalam museum kantor BP3 Yogyakarta. Selain itu di situs ini juga pernah ditemukan sebuah peripih berupa lempengan emas dan perak dengan 17 buah lubang yang melambangkan wastupurusamandala, yakni diagram yang berfungsi sebagai rancangan metafisika dan tata letak bangunan.

situs candi payak 4

  • Sejarah

Situs Payak Yogyakarta ditemukan sekitar tahun 1970 oleh para pembuat batu bata di daerah Payak. Belum ada waktu pasti kapan pembuatan situs sebenarnya, hanya saja menurut penelitian situs itu dibuat pada abad ke-9.

  • Akses

Situs Payak terletak di Dukuh Payak, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. lebih tepatnya ada di Jalan Yogyakarta-Wonosari km 12 dan 200 meter sebelah barat Puskesmas Payak. Letaknya pun hanya berjarak beberapa km dari timur Candi Mantup. Apabila wisatawan mengunjunginya akan mendapati jalan agak menurun, karena situs ini letaknya berada 4,5 m di bawah permukaan tanah normal. Di sekililingnya terdapat pemukiman para penduduk. Di sebelah selatan wisatawan akan melihat bukit yang memanjang ke timur bersatu dengan bukit Gunung Kidul. Di sebelah barat, kurang lebih 1 km di sebelah barat terlihat pesona Kali Opak. Sehingga dengan mengunjungi Situs Payak Yogyakarta wisatawan juga akan melihat keindahan alam di sekitarnya.

situs candi payak

Related Post

Leave a reply