Pelabuhan Tanjung Adikarto Harus Segera Diselesaikan

Pelabuhan Kulon Progo,  Pelabuhan Tanjung Adikarto

Pembangunan pelabuhan perikanan Tanjung Adikarto masih tetap jadi Pekerjaan Rumah (PR) besar di Kulonprogo. Kelompok legislatif menilai butuh segera dikerjakan redesain pembangunannya agar cepat rampung.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kulonprogo, Hamam Cahyadi menyampaikan, sekarang ini masih tetap ada dua PR besar berkenaan proyek itu yang perlu selekasnya dirampungkan. Yaitu menyangkut konstruksi pemecah ombak (breakwater) serta sedimentasi di kolam pelabuhan yang masihlah cukup tebal.

Pelaksanaan breakwater sampai saat ini belum juga rampung lantaran senantiasa ambrol diterjang ombak Laut Selatan. Sementara, ombak juga membawa sedimen yang bikin pendangkalan di basic kolam pelabuhan tempat berlabuhnya kapal.

“Dua persoalan itu bikin pelabuhan Tanjung Adikarto belum dapat beroperasional, ” kata politisi PKS itu, Jumat (22/8/2014).

Menurut Hamam, butuh dikerjakan redesain atas dua hal itu sehinnga realisasi operasional pelabuhan dapat selekasnya terwujud. Dengan pembetulan pemecah ombak serta pengerukan sedimentasi, nanti kapal-kapal besar penangkap ikan bisa masuk ke kolam pelabuhan dengan lebih leluasa.

Pembicaraan sama juga di ungkapkan anggota dewan dari PDI Perjuangan, Aji Pangaribawa. Menurut dia, belum beresnya ke-2 persoalan itu juga membawa implikasi pada mangkraknya sarana pendukung yang telah ada sekarang ini. Seumpama, sebagian bangunan gedung di areal pelabuhan yang sampai saat ini belum bsia digunakan disebabkan belum beroperasinya pelabuhan.

news Pelabuhan Kulon Progo Pelabuhan Tanjung Adikarto

Author: 
author

Related Post

Leave a reply