Pantai Glagah

pos2

 

Satu lagi keindahan pantai yang patut dijelajahi oleh pecinta wisata alam Yogyakarta, yakni Pantai Glagah. Pantai Glagah terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Berjarak 40 km dari pusat Kota Yogyakarta atau 10-12 km sebelah barat Kota Wates, Ibu Kota Kabupaten Kulon Progo. Pantai Glagah termasuk salah satu pantai yang mempunyai rating tinggi diantara pantai-pantai di Yogyakarta. Pasalnya banyak keunikan dan fasilitas menarik yang disediakan pantai berpasir hitam ini, yaitu:

  • Pemecah Ombak (break water)

Pemecah gelombang adalah media yang berfungsi untuk mengurangi kencangnya ombak yang dapat mengakibatkan abrasi dan membahayakan daerah pantai. Ia bekerja dengan cara menyerap energi ombak, mengurangi tekanan pada ombak sehingga ketika ombak sampai di pantai akan menggulung dengan tenang dan tidak membahayakan. Pemecah ombak berjumlah ratusan ini diletakkan jauh membentang dari pantai. Pada ujung bentangannya seringkali terjadi ombak dahsyat. Pesona kedahsyatan inilah yang seringkali menarik perhatian wisatawan, menguji nyali di hadapan hantaman ombak besar, atau bahkan hanya sekedar memandangnya dari jauh karena bagi yang tidak berhati-hati mengundang bahaya besar.

glagah 3

glagah 2

  • Laguna

Laguna merupakan cekungan air asin menyerupai danau akibat terjangan ombak besar yang terjebak oleh penghalang, seperti karang dan pasir. Laguna ini membagi wilayah pantai Glagah menjadi dua bagian, bagian yang masih ditumbuhi tumbuh-tumbuhan (wilayah agrowisata) dan bagian pantai lepas yang langsung menempel pada pantai. Laguna seringkali menarik perhatian wisatawan dengan hanya sekali memandang, karena seolah-olah mereka berada di tepi danau nan indah. Selain itu, jika wisatawan tak ingin berdiam diri di tepi laguna dan ingin terjun menikmatinya secara langsung, beberapa opsi dapat dipilih, yaitu berperahu motor, mendayung, berenang, berperahu dayung, dll., karena alat-alat persewaan telah disediakan.

glagah 9

  • Agrowisata

Wilayah agrowisata berbatasan langsung dengan laguna. Di tempat ini wisatawan dapat melihat dan berjalan-jalan di luasnya perkebunan warga yang ditanami roselle dan pohon buah naga. Tak heran, karena Pantai Glagah merupakan satu-satunya pantai di Yogyakarta yang membudidayakan penanaman buah naga. Selain itu, wisatawan juga dapat mencicipi manis buah naga, karena di sepanjang jalan setapak menuju pantai warga Glagah telah membuka lapak dagang lengkap dengan ranumnya buah-buah naga.

naga 1

  • Daerah pemancingan

Pantai Glagah tergolong pantai yang landai. Oleh karenanya sangat potensial ditemukan banyak hasil laut. Di tempat itu wisatawan akan melihat banyak orang duduk santai sambil memegangi alat pancingnya, sambil menikmati gulungan ombak-ombak indah menerjang pemecah ombak dan bibir pantai. Jika wisatawan ingin mencoba asyiknya memancing, warga Desa Glagah tak segan membantu.

glagah 22

  • Dermaga Air

Letak Dermaga Air berdekatan dengan loket pembelian tiket masuk. Masyarakat telah merencanakannya dibuat sebagai pelabuhan.

  • Fasilitas lain

Masih banyak lagi fasilitas yang ditawarkan di Pantai Glagah diantaranya Camping Ground, Medan olahraga dayung dan voli pantai, tempat pelelangan ikan (TPI), rekreasi perahu wisata, bebek air dan outbound training. Ada juga beberapa warung seafood dan beberapa penginapan berdekatan dengan pantai.

Untuk mengunjunginya wisatawan tak perlu mengisi kantongnya dengan tebal. Karena hanya dengan biaya masuk Rp. 5000 wisatawan sudah dapat dengan puas menikmati keindahan pantai dan dengan bebas memilih tempat parkir yang sangat luas.

Related Post

Leave a reply