Omah Kalang Kotagede

Rumah Kalang Kotagede

Omah Kalang Adalah satu jenis rumah khas Kotagede yang dipunyai oleh orang-orang Kalang, yaitu golongan saudagar yang tinggal di Tegalgendhu serta sekitarnya. Omah kalang pada intinya yaitu rumah tradisional Jawa tetapi telah memperoleh sentuhan serta dampak luar, terutama Barat, dan mempunyai citra megah.

Arsitektur omah kalang menggunakan basis tata ruangan rumah Jawa, tetapi dalam system konstruksi serta penyelesaian pada akhirnya (finishing) ditandai dengan adopsi tehnologi serta style estetika dari Barat. Umpamanya rumah susunan tembok, konstruksi rangka atap kuda-kuda, tiang besi cor atau tiruan dari kayu, kaca patri, aplikasi jendela atas, style barok serta neo-klasik, dsb. Dari pojok pandang lokal, omah kalang memberi wacana baru dalam berarsitektur, walau untuk sebagian orang Barat penyelesaian omah kalang awal mulanya dahulu terkadang dikira aneh atau tak wajar

Tidak sama dengan rumah tradisional yang bentuk penyelesaiannya senantiasa berbentuk tetap-berulang, pembangunan omah kalang tak terlepas dari mode pada zamannya, sesuai sama karakter orang-orang Kalang yang terbuka pada dampak luar. Omah kalang dari periode awal masih tetap kental memiliki nuansa Jawa (umpamanya Dalam Prayadranan), product periode modernisme banyak mengaplikasi tehnologi beton bertulang, periode awal kemerdekaan ditandai dengan atap tinggi berventilasi, dan sebagainya hingga nampak faham regionalisme dalam arsitektur yang diwujudkan dengan implementasi kembali bentuk classic Jawa.

 

kalang kotagede omah sejarah

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.