MSD Yogyakarta

3586 views

msd

Akademi Seni Rupa dan Disain MSD Yogyakarta yang ada sekarang ini merupakan perluasan dari Lembaga Pendidikan Ketrampilan Modern School Of Disaign Yogyakarta (LPK MSD). Di bawah pengelolaan Yayasan Pakapti Mulia, LPK MSD Yogyakarta resmi berdiri pada tanggal 2 Oktober 1993 dengan ijin dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan serta menjadi anggota Himpunan Penyelenggara Pendidikan Luar Sekolah dan Masyarakat (HPPLSM) Yogyakarta Nomor 140/HPPLSM/93.

Kampus LPK MSD yang pertamaberlokasi di Jl. Brig. Jend. Katamso No. 69 Yogyakarta. Pada awal kegiatan krususnya (1993) LPK MSD hanya menyelengggarakan program studi Disain Grafis. Jangka waktu studi yang dibutuhkan untukmenyelesaikan pendidikan 2 semester maksimal 1 tahun. Kuliah perdana dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 1993yang diikuti oleh 44 siswa. Program intensif 2 semester yang setara 40 sks tersebutbertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan disain grafis. Melalui latihandan pemberian tugas diharapkan siswamenempuh proses pembelajaran dengan komposisi pemberian metode teori 25 % dan 75% praktek. .

Pada tahun-tahun berikutnya dengan kondisi yang semakin mantap LPK MSD membuka program-program studi lain : Disain Interior(1994), seni Lukis(1996), dan Fotografi(1997. .

Program ini bertujuan menghasilkan lulusan yang berprestasi tinggi, tekun dan disiplin dalam bidangnya. Ditunjang dengan penyediaanperalatan modern yang mendukung perkuliahan saat itu seperti OHP, Slide Projector, Komputer Acer 486, Airbrush Badger, Kamera Pentax, Studio Photo, Enlarger Opemus, Scanner, dan Color Printer. .

Menginjak tahun Kelima (1998) MSD menempati kampus baru yang dirangcang khususu sesuai kebutuhan pendidikan seni rupa dan disain, berlokasi di Jl. Taman Siswa No. 164 Yogyakarta. Pada Tahun itu pula MSD menyelenggarakan program pendidikan 2 tahun (4 Semester), disamping program 1 tahun yang sudah berjalan. .

Waktu terus berjalan dan LPKMSD mengakami perkembangan yang luar biasa. Pada saat bersamaan mulai terlihat peluang besar dalam profesi Disainer Komunikasi Visual (Disainer Grafis) dan tumbuhnya permintaan pendidikan program studi Diasain Komunikasi Visual. Mementum inilah yang mendorong Akademi Seni Rupa dan Disain MSD resmi berdiri pada tanggal 12 Desember 2000 sesuai SK Mendiknas No. 252/D/O/2000, dengan pemberian status terdaftar kepada program studi kepada Program Studi Disain Komunikasi Visual untuk jenjang pendidikan program DIII. .

Sesungguhnya alasan mendirikan akademi telah musncul sejak tahun 1993, pada awal pendirian LPK MSD, namun Yayasan Pakapti Mulia yang menaungi MSD memilih menunggu hingga memiliki fasilitas pendidikan seperti gedung, studio, laboratorium, perpstakaan tersedia lengkap dan memadai. Juga kesiapan kurikulum yang komprehensif dan memenuhi tutuntan kebutuhan jaman. Selanjutnya melakukan rekrutmen dosen-dosen mud yang berprestasi dan berpengalam sebagai praktisi. .

Proses belajar mengajar pertama kali dimulai pada Tahun Akademik 2001/2002 dengan diikuti oleh 151 mhasiswa. Ijin penyelenggaraan Program Studi Disain Komunikasi Visual, Diploma Tiga (D-III), pada Akademi Seni Rupa dan Disain MSD hingga saat ini telah diperpanjang ulang sebanyak dua kali. Yang pertama dengan Nomor:3146/D/T/K-V/2009 dan yang Kedua dengan Nomor:7348/d/T/K-V/2011.

Menapaki usia yang kesebelas tahun ASRD MSD Yogyakarta telah mewisuda sebanyak 638 orang mahasiswa, yang kini telah menyebar luas diseluruh wilayah Indonesia. Saat ini jumlah mahasiswa aktif sekitar 500 orang. Mereka beraktivitas di kampus untuk belajar, diskusi, mengerjakan tugas dan melalkukan kegiatan kemahaiswaan lainnya. Kini dengan bangga MSD boleh menyebut sebagai Akademi Seni Rupa dan Disain yang terdepan dan terbesar di jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Fasilitas

Sebagai sebuah Akademi yang memiliki Program Studi Disain Komunikasi Visual, ASRD MSD Yogyakarta menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang akademik kemahasiswaan. Fasilitas tersebut adalah

1. Studio Komputer

Terdapat dua buah Laboratorium Komputer, yang berisi total 62 unit komputer, sistem jaringan dan Server serta dilengkapi dengan printer dan scanner.

2. Studio Foto

Terdapat studio foto dengan berbagai peralatan fotografi yang lengkap dan modern seperti Digital Imaging Box, Spiral Light Banks dari Medalight, Kamera Digital, Table Top, model manekin, background dan sebagainya.

3. Studio Airbrush

Untuk praktek ilustrasi airbrush, tersedia studio dengan 15 unit airbrush Badger.

4.  Studio Cetak Saring dan Reproduksi Grafika

Sebagai salah satu media dalam berkomunikasi visual, teknik cetak saring dan etching juga diberikan di ASRD MSD Yogyakarta, untuk itu disediakan studio cetak saring lengkap dengan screen, rakel dan bahan-bahan yang dibutuhkan.

5. Perpustakaan

Untuk menambah wawasan mahasiswa, disediakan perpustakaan yang cukup luas dan nyaman, dengan berbagai koleksi buku-buku seni rupa, periklanan, fotografi dan disain grafis terbitan luar maupun dalam negeri.

6. Koneksi Hot Spot

Bagi mahasiswa yang memiliki Laptop dengan koneksi WiFi dapat menggunakan fasilitas koneksi internet di dalam kampus.

7. Anjungan Situs Data Akademik ( SITAKA )

SITAKA dapat diakses secara intranet untuk mengetahui perkembangan studi mahasiswa, informasi akademik, mengunduh panduan TA, dan lain sebagainya.

8.Fasilitas dan Peralatan pendukung lain

Lobi ruang pamer karya mahasiswa, Layanan cetak digital dan sarana perkuliahan seperti LCD Proyektor, Laptop, Kamera Handycam.

 

Alamat: Jl. Taman Siswa No.164 Yogyakarta 55151

Telp. (0274) 414277, 418615 Fax. (0274) 378394

Website: www.msd.ac.id

Maps :

Author: 
author

Related Post

Leave a reply