Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda (STIE IEU) Yogyakarta

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda (STIE IEU) Yogyakarta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “IEU” (Isti Ekatana Upawedha) berdiri pada tanggal 5 Juni 1995 dengan status terakreditasi peringkat “B” sesuai dengan Surat Keputusan dari Badan Akreditasi Nasional No.039/BAN PT/Ak-.XIV/SI/XI/2011.

STIE IEU diselenggarakan oleh sekelompok akademisi dosen senior fakultas ekonomi UGM beserta para praktisi . Partisipasi gabungan dari akademisi dan praktisi tersebut dapat menciptakan perangkat lunak pada institusi ini dengan tepat dan handal yaitu perpaduan antara pemenuhan kapasitas dan kapabilitas akademik, peningkatan keahlian praktik dan mengarah pada aktualisasi potensi melalui kegiatan terprogram. Institusi pendidikan tinggi ini berwujud SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI yang menyelenggarakan program pendidikan dalam lingkup satu disiplin ilmu yaitu Ilmu Ekonomi.

Program pendidikan yang diselenggarakan di Kampus III STIE IEU – Timoho adalah pendidikan jenjang strata I. Program dan jenjang tersebut dipilih atas pertimbangan sebagai berikut :

  1. Anjuran koordinator kopertis V DIY
  2. Himbauan untuk menyelenggarakan pendidikan yang link and match
  3. Kebutuhan tenaga kerja profesional dan trampil oleh dunia usaha
  4. Dunia usaha lebih mengharapkan akan tenaga kerja yang memiliki bekal dalam pengetahuan dan ketrampilan yang memadai.

Program studi yang diselenggarakan oleh STIE IEU adalah program studi yang menjurus pada lintas industri dan struktur fungsional dunia usaha.

Program studi – program studi yang diselenggarakan oleh STIE IEU Kampus III Timoho adalah :

  1. S1 Manajemen Rumah Sakit
  2. S1 Manajemen Apotek dan Farmasi
  3. S1 Manajemen Transportasi (Program Unggulan)
  4. S1 Manajemen Kesehatan (Program Unggulan)

Program unggulan ini sengaja ditawarkan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga manajemen transportasi dan kesehatan yang terampil, terdidik dan profesional dimana tenaga manajemen kesehatan yang profesional diharapkan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat begitu pula dengan tenaga manajemen transportasi diharapkan mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di bidangnya sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan rasa tanggungjawab Disamping menyelenggarakan program-program diatas kami juga menyelenggarakan program khusus yang diperuntukkan bagi karyawan lulusan dari Diploma maupun SMA/K.

Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada karyawan yang ingin meningkatkan jenjang pendidikan tinggi tanpa mengganggu aktivitas pekerjaan sehari-hari, karena jadwal disusun fleksibel menyesuaikan dengan aktivitas kerja karyawan yang bersangkutan. Program ini diselenggarakan dengan biaya yang terjangkau dan dapat diangsur selama masa pendidikan. Tujuan dari penyelenggaraan program ini adalah untuk menghasilkan sumber daya manusia yang trampil dalam berkarya dan kreatif dalam berfikir sehingga mampu memberi kontribusi yang nyata dalam peningkatan sumber daya manusia khususnya di bidang manajemen.

Disamping program khusus karyawan, STIE IEU – Timoho juga memberikan kesempatan bagi karya siswa dari Balai Pelatihan untuk melanjutkan pendidikan formal ke jenjang Sarjana dengan memberikan fasilitas pengakuan materi pelatihan yang sesuai dengan mata kuliah yang ada, dan mata kuliah yang diakui tidak perlu ditempuh kembali sehingga memberikan kesempatan bagi karya siswa tersebut untuk menyelesaikan studi dengan waktu relatif singkat dan biaya yang lebih terjangkau.

Program Studi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda Yogyakarta menyelenggarakan program studi yang memiliki berbagai konsentrasi yang jarang ditawarkan oleh perguruan tinggi lain, program studi tersebut adalah A. Program Studi Manajemen (Strata Satu), dengan konsentrasi pada :

  1. Manajemen Pemasaran Internasional
  2. Manajemen Sistem Informasi
  3. Manajemen Transportasi
  4. Manajemen Industri
  5. Manajemen Rumah Sakit
  6.  Manajemen Apotek Farmasi
  7. Manajemen Kesehatan
  1. Program Studi Manajemen (Diploma Tiga)
  2. Manajemen Pemasaran
  3. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan
  4. Ekspor Impor

Kampus Dan Fasilitas Pendukung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda Yogyakarta memiliki kampus yang representatif dan berada dipusat kota Yogyakarta. Untuk dapat menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan baik STIE IEU Yogyakarta sadar tentang pentingnya fasilitas fisik. Fasilitas tersebut meliputi gedung dan perlengkapan yang menyertainya. Disain dan penataan ruang dirancang sedemikian rupa untuk dapat mengantisipasi kebutuhan dan ketepatan penggunaan ruang dimasa-masa yang akan datang seiring dengan keharusan sebuah lembaga pendidikan yang tanggap dan dapat ikut serta dalam berkontribusi terhadap penggunaan teknologi informasi. Unsur fasilitas yang tidak kalah pentingnya adalah yang sifatnya non fisik. Mutu lulusan (out put) banyak ditentukan oleh ketersediaan dan pengelolaan terhadap unsur ini. Unsur pertama dalam kelompok ini adalah dosen. STIE IEU Yogyakarta menyadari betul pentingnya kecukupan dosen yang berkualitas. Oleh sebab itu jumlah dosen yang cukup, keahlian yang tinggi profesionalisme merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh tenaga pengajar di STIE IEU Yogyakarta ini. Dosen-dosen pengajar terdiri dari para akademisi lulusan Perguruan Tinggi terkemuka dalam negeri dan luar negeri. Juga para praktisi perusahaan, perbankan dan lembaga bisnis lainnya. Mereka umumnya bergelar Magister, Master atau para Sarjana yang telah cukup berpengalaman dibidangnya. Termasuk unsur fasilitas non fisik lain yang tidak kalah pentingnya adalah kurikulum, silabus, materi pengajaran, bahan ajar, manajemen sumber daya manusia baik untuk dosen, karyawan dan unsur penunjang lainnya. Berbagai unsur ini selalu diadakan evaluasi secara berkala tentang kelayakan dan ketepatannya.

VISI

Tahun 2020 menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yang unggul di tingkat nasional yang berbasis terapan, kewirausahaan, IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan IMTAK (Iman dan Takwa)

MISI

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang manajemen berbasis terapan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan IMTAK (Iman dan Takwa) yang menghasilkan lulusan yang unggul secara praktis Menyelenggarakan penelitian kajian terapan sebagai upaya pengembangan IPTEK dan IMTAK Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat di bidang kewirausahaan berbasis terapan manajemen Menyelenggarakan kerjasama bidang wirausaha dan pengembangan manajemen pemasaran yang bersinergi dengan berbagai institusi

TUJUAN Memberikan mahasiswa suatu pengetahuan dan pemahaman secara deskriptif dan teoritis yang berorientasi praktis. Memfokuskan pada inovatif yang interaktif dan experiental, untuk merangsang cara berpikir yang kritis. Menciptakan suatu kemampuan dalam menilai suatu prosedur secara imajinatif dan bervariasi. Menciptakan mahasiswa yang mampu menjembatani dan memberikan konsultasi bisnis pada suatu perusahaan mikro.

Kontak Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda (STIE IEU) Yogyakarta

Web : www.stie-ieu.ac.id

Alamat : Jl. Hayam Wuruk No. 20 Yogyakarta

Telp./Fax : (0274) 551477, 7490676,  (0274) 551477

Maps:

kampus pendidikan sekolah tinggi Yogyakarta

Author: 
author

Related Post

Leave a reply