Menjelang Ramadan, Harga Sembako di Kota Yogya Terbilang Masih Relatif Stabil

sembakojogja

JOGJA - Beberapa hari Jelang bulan puasa, harga-harga barang komoditas atau bahan pokok di Kota Yogya terbilang stabil, walaupun ada yang mengalami kenaikan dan penurunan.

Namun, para pedagang bersiap-siap menghadapi lonjakan permintaan dan harga. Pemerintah pun mengklaim stok aman.

Dari pantauan Tribun Jogja di Pasar Beringharjo, Kamis (2/6/2016) beberapa harga naik turun seiring permintaan jelang bulan puasa.

Pedagang daging ayam, Aidah (40) mengatakan harga naik dari Rp 30.000 per kilogram menjadi Rp 32.000 per kilogram. Selama kurun waktu satu minggu kedepan, harga akan naik hingga pertengahan bulan puasa.

“Biasanya akan naik terus sampai pertengahan puasa. Tapi ini naiknya standar, tidak terlalu tinggi. Kalau menjelang hari raya akan naik lagi hingga Rp 35.000 per kilogram,” ujar Aidah.

Sementara itu beberapa harga kebutuhan pokok antara lain telor ayam dan gula pasir juga sedikit mengalami kenaikan. Yanti Rono (52) selaku pedagang mengaku kenaikan masih wajar karena menjelang bulan puasa.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta, Sri Harnani, mengungkapkan stok bahan komoditas di Kota Yogyakarta aman menjelang bulan puasa.

“Berdasarkan hasil pantauan ke beberapa distributor, stok terbilang aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Yogyakarta,” ungkap Sri kepada Tribun Jogja, Kamis (2/6/2016).

Menurutnya, kenaikan harga bahan komoditas hanya beberapa dan tidak keseluruhan sehingga masyarakat diharap tidak perlu khawatir. (*)

Sumber : Tribun

news

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.