Mahasiswa KKN Undip 2020 Perkenalkan Budidamber dan Probiotik Untuk Ikan kepada Warga

Magelang (14/8/20), COVID-19 saat ini menjadi pandemi global. Peningkatan kasus positif yang terjadi dari hari ke hari menyebabkan banyak kerugian terhadap berbagai sektor di Indonesia. Dampak yang diakibatkan dari Covid-19 ini diantaranya banyak menelan korban jiwa, pendidikan menjadi terganggu, perekonomian melemah, dampak sosial, psikologis, dan perubahan perilaku juga pola hidup masyarakat. Masa pandemi membuat orang melakukan semua aktivitasnya dari rumah, seperti bekerja, belajar, dan berjualan dilakukan secara online.

Kamis (30/7), mahasiswa KKN Undip melakukan kegiatan pembuatan dan sosialisasi pembuatan dan manfaat probiotik. Kegiatan ini dilakukan di Dusun Kebokuning, Desa Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Tujuan pembuatan probiotik  adalah untuk membuat kualitas perairan menjadi baik dan meningkatkan nafsu makan ikan sehingga ikan akan dapat tumbuh lebih cepat.Mudahnya akses air bersih di daerah tersebut membuat banyak warga yang memiliki kolam ikan sendiri. Pembuatan probiotik dapat dilakukan oleh semua orang karena memang mudah dilakukan. Bahan yang digunakan yaitu dari bahan alam seperti temulawak, kunyit dan bawang putih serta ada tambahan yakult, ragi, gula pasir dan dedak. Warga dusun menyambut baik dengan apa yang saya buat dan mereka ingin mencoba membuat sendiri probiotik tersebut. Cara penggunaan probiotik tersebut dapat langsung dituangkan di kolam maupun dicampurkan dalam pakan.

 

1.11.2

Probiotik Ikan

(Sumber : Galeri Penulis)

Senin (3/8), mahasiswa KKN Undip melakukan kegiatan budidamber (Budidaya ikan dalam ember). Kegiatan ini menggunakan ikan lele yang dipelihara dalam ember dan diberi tambahan tanaman hidroponik. Tujuan dari program budidamber adalah untuk membantu menumbuhkan minat masyarakat untuk mau membudidayakan ikan di tempat yang terbatas dan mencari penghasilan tambahan serta untuk mengurangi stress di masa pandemi. Program ini berfungsi mengedukasi masyarakat untuk dapat memanfaatkan waktu ditengah pandemik untuk tetap dapat melakukan sesuatu. Hasil dari budidamber ini dapat dijual ataupun di gunakan sendiri untuk lauk makan.

1.3

Budidamber

(Sumber : Galeri Penulis)

Author : Ardian Alif Fianto -Akuakultur – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Editor   : Dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si., Ph.D. (Dosen KKN)

Layouter : Moh. Sami’udin

 

Related Post

Comments are closed.