Guru SMA Sanden Kembangkan Font Aksara Jawa di Android

aksara jawa

BANTUL - Seorang guru Bahasa Jawa di SMA Sanden berhasil mengembangkan font Aksara Jawa ke dalam sistem operasi Android. Setyo Amrih Prasojo, si inovatif tersebut sudah setahun ini mulai mengembangkan font aksara Jawa untuk media pembelajaran di smartphone.

Selama ini, font Aksara Jawa di dalam komputer memang sudah berkembang. Hanya saja, belum ada yang mencobanya ke dalam Andoid.

Padahal, saat ini pelajar sudah begitu dekat dengan teknologi, termasuk berbagai jejaring sosial maupun aplikasi messenger yang ada di sistem operasi Android. Oleh karena itu, Amrih mulai berpikir untuk mengembangkan huruf “Ha Na Ca Ra Ka” ke dalam Android.

“Untuk media pembelajaran saja. Hasilnya, anak-anak menjadi lebih tertarik dalam belajar bahasa Jawa,” kata Amrih saat mengadakan warkshop Aksara Jawa berbasis teknologi dan smartphone, Jumat (13/2/2015).

Aksara Jawa yang sudah didownload di smartphone dapat digunakan untuk percakapan di whatsapp, BBM dan sebagainya. Namun sejauh ini, Amrih sengaja belum menyebarkannya secara luas agar guru Bahasa Jawa turut serta dalam penyebaran font ini.

Untuk dapat memanfaatkannya, minimal sistem operasi Android harus versi ICS Kit Kat. Setelah itu, perlu dilakukan proses root menggunakan Android Framaroot yang dapat diunduh di playstore.

Bila tidak berhasil kata Amrih, dapat menggunakan komputer dengan software Kingo Root. “Setelah di-root, lalu ke playstore lagi untuk mengunduh font dan multiling o keyboard. Kalau sudah diinstal, tinggal di download saja font Bahasa Jawa,” papar Amrih.

Tribunjogja

berita news

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.