Grebeg Besar Kasultanan Yogyakarta

rebutan-gunungan-di jogja

Dalam rangka memperingati Idul Adha, keraton Kasultanan Yogyakarta mengadakan Grebeg Besar di pelataran Masjid Gede Kauman, Minggu (5/10/2014). Grebeg tersebut merupakan tradisi tahunan yang diselenggarakan oleh Keraton Kasultanan Yogyakarta.

Dikawal prajurit, empat buah gunungan yangg terdiri dari satu gunungan lanang dan tiga gunungan wadon diarak dari Keraton Yogyakarta melawati Alun Alun Utara kemudian menuju masjid Gede Kauman.

Sesampainya di pelataran Masjd Gede Kauman, keempat gunungan tersebut didoakan oleh penghulu Masjid Gede Kauman. Seusainya, gunungan langsung diperebutkan oleh ratusan warga yang telah menunggu sejak pagi hari.

Gunungan lanang terdiri dari beragam hasil bumi seperti kacang panjang, cabe dan lainnya. Sedangkan gunungan wadon disusun dari kue-kue kecil dan ketan. Bagi sebagian masyarakat Yogyakarta isi gunungan dipercaya membawa berkah.

Sambung Sudiwiharjo (49) warga Gilangharjo, Pandak, Bantul satu diantara warga yang mempercayai bahwa dengan memperebutkan gunungan akan memberikan berkah. Warga yang datang meyaksikan prosesi Grebeg bersama istrinya tersebut mendapatkan kacang panjang, cabe dan beberapa makanan yang terbuat dari ketan.

“Nanti di rumah, kacang panjang dan cabe ini akan saya masak. Rengginang ini juga akan saya goreng,” jelas dia. (*)

Sumber: jogja.tribunnews.com / Rep : Halim Thohari

news

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Leave a reply