Goa Rancang Kencono Jogja

goa rancang kencono 5

  • Sejarah

Goa Rancang Kencono Jogja merupakan salah satu obyek wisata alam yang bernuansa sejarah. Dengan mengunjunginya wisatawan akan mendapatkan pesona keindahan alam sekaligus pengetahuan sejarah dan budaya Indonesia. Dari segi nuansa sejarah, diceritakan bahwa dulunya goa ini dimanfaatkan Laskar Mataram sebagai tempat persembunyian dan pertemuan untuk menyusun rencana mengusir Penjajah Belanda dari Yogyakarta. Laskar Mataram tersebut antara lain: Kyai Soreng Pati, Kyai Putut Linggo Bowo, dan Kyai Kromo Wongso. Karena fungsi tersebut maka goa ini dinamakan Goa Rancang Kencono oleh Kyai Soreng Pati dan Kyai Putut Linggo Bowo. Kata “Rancang” diambil dari “Rencana”, sedangkan “Kencono” artinya emas, dalam hal ini dimaksudkan sesuatu yang berharga, dan rencana baik. Selain itu, goa ini juga pernah dipakai oleh Pangeran Diponegoro bertemu dengan Sentot Prawiro Dirjo untuk merancang Strategi penyerangan terhadap tentara Belanda.

goa rancang kencono 2

  • Keindahan

Setelah menikmati sisi sejarah, kini saatnya menikmati segi keindahan Goa Rancang Kencono Jogja. Dari luar wisatawan tak dapat langsung melihat tubuh goa. Wisatawan terlebih dahulu harus menuruni beberapa tangga yang tebuat dari batu, barulah akan terlihat betapa indahnya goa ini. Goa Rancang Kencono dianggap sebagai goa purba seperti Goa Braholo di Kecamatan Rongkop, berdasarkan buku “Mozaik Pusaka Budaya Yogyakarta” oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta. terbukti bahwa di dalam goa terdapat sebuah pohon Klumpit berumur sekitar 2 abad. Ia berdiri gagah menjulang tinggi melewati atap goa. Sehingga ketika wisatawan menengok ke atas terlihat atap goa berlubang penuh cahaya diselingi pohon yang menerobos keluar.

goa rancang kencono 6

Memasuki tubuh goa, terdapat ruang cukup luas berukuran 50×15 meter. Tempat ini teduh tapi tak gelap, biasanya dipakai ruang pertemuan zaman dulu. Ruang kedua, berupa ruang gelap dan sempit 3×3 meter, biasanya dipakai bertapa. Ruang ketiga berupa sebuah lorong sempit dan pengap. Untuk memasukinya wisatawan harus didampingi pemandu wisata, karena berbahaya dikhawatirkan tersesat. Menurut keterangan, lorong ini merupakan jalan menembus wisata Air Terjun Sri Gethuk. Selain itu, pada salah satu dinding terdapat lukisan merah putih dan kata-kata penyemangat bagi para pejuang.

goa rancang kencono

goa rancang kencono 10goa rancang kencono 7

  • Akses

Goa Rancang Kencono terletak di Pedukuhan Menggoran II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Letaknya berdekatan dengan obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk, dan dapat hanya memerlukan waktu 10 menit.

  • Tiket

Harga tiket masuk Goa Rancang Kencono Jogja sebesar Rp. 3000, dan itu termasuk tiket masuk obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk.

Related Post

Leave a reply