Goa Cerme Yogyakarta

goa cerme 3

Goa Cerme merupakan gua indah hasil peninggalan sejarah dan wisata alam. Goa yang mulai dibuka mulai tahun 1991 ini terbentang sepanjang 1,2 km di dua kabupaten di Yogyakarta. Pintu masuknya ada di Selopamioro, Imogiri, Kabupaten Bantul, dan ujungnya berada di Desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunung Kidul.

goa cerme 4

  • Sejarah Goa Cerme

Goa Cerme telah ada sejak ratusan tahun lalu semenjak zaman para Walisongo menyebarkan Islam di Jawa. Saat itu salah satu Walisongo sedang melakukan perjalanan dakwah, tak sengaja ia menemukan sebuah goa yang indah dan cocok untuk berkumpul. Kemudian atas inisiatifnya, goa itu digunakan sebagai tempat pertemuan dalam dakwah Islam. Karena salah fungsi utama tempat itu digunakan sebagai tempat ceramah, maka goa pun diberi nama cerme.

  • Keindahan & petualangan gua Cerme

Untuk masuk goa hanya dibutuhkan biaya Rp. 2000 tiap orang. Dari tempat pembelian karcis, wisatawan harus menaiki tangga sejumlah 760 buah untuk mencapai mulut goa. Sebelum masuk wisatawan harus menyewa guide yang kebanyakan merupakan warga sekitar, karena begitu panjangnya gua. Untuk menyewanya dibutuhkan biaya Rp. 30.000.

jalan ke goa cerme

Kondisi ruangan gua sangat gelap dan tidak dilengkapi dengan penerangan listrik. Maka wisatawan harus dibekali dengan senter. Untuk memasuki goa, wisatawan harus rela basah-basahan, karena seluruh isi goa dipenuhi air setinggi 0,5 sampai 1,5 meter. Meski basah-basahan, wisatawan tak akan kecewa, justru akan takjub akan keindahan goa. Stalaktit dan stalakmit berjajar dengan bentuk masing-masing berjaga menyambut datangnya para wisatawan. Tetes-tetes air mengandung batu kapur masih membasahi ujung-ujung bebatuan, menandakan bahwa kehidupan mereka masih ada dan berpotensi untuk terus tumbuh. Beberapa dari mereka telah membentuk bentuk indah, unik dan menarik daya tarik bagi wisatawan. Ada beberapa batu yang mendapatkan nama seperti: Kahyangan, Gedung Sekakap, Kraton, Panggung Pertemuan, Watu Gilang, Lumbung Padi,  Air Zamzam, Mustoko, Air Suci, Watu Kaji, Pelungguhan atau Paseban, Grojogan Sewu, Air Penguripan, Gamelan, dan Watu Gantung.

goa cerme

Salah satu batu terkenal adalah Air Zamzam. Dinamakan demikian karena menurut cerita, dahulu kala Walisongo membawa Air Zamzam dari Arab lalu meletakkannya di wadah bebatuan. Sampai sekarang wadah Air Zamzam itu masih ada dan sering digunakan para wisatawan untuk mencuci muka.

pengunjung goa cerme

  • Tips

Untuk menjelajahi Goa Cerme dibutuhkan persiapan fisik maupun mental, karena akan menghabiskan waktu sekitar 3 jam. Berikut ini beberapa tips yang dapat disiapkan:

1. Jangan lupa untuk menyiapkan tenaga dengan makan terlebih dahulu.

2. Jangan lupa bawa baju ganti.

3. Amankan barang-barang elektronik.

4. Jangan lupa membawa alas kaki karena dikhawatirkan ada bebatuan tajam di bawah air.

5. Sebaiknya membawa helm, karena banyak stalaktit runcing, keras dan berjarak tak terlalu tinggi.

6. Apapun yang terjadi, jangan berpisah dengan guide dan rombongan.

7. Jika mengalami kendala, tetap tenang dan mencari solusi bersama-sama.

8. Tetap hati-hati, jangan merusak situs gua, dan jangan berbicara kotor.

Related Post

Leave a reply