Gembira Loka Jogja

gembira loka jogja 1

  • Sejarah

Makna kata Gembira Loka mengandung arti “bergembira”. Memang sebenarnya pembuatan Gembira Loka Jogja bertujuan sebagai tempat hiburan bagi masyarakat Yogyakarta. Sejarah pembangunan Gembira Loka dimulai karena keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933 akan sebuah tempat hiburan, yang suatu hari dinamakan Kebun Bojong. Keinginan tersebut baru dapat direalisasikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan bantuan Ir. Karsten, seorang arsitek Belanda. Ir. Karsten kemudian memilih kawasan di sebelah barat sungai Winongo, karena lokasi tersebut dianggap sangat strategis. Namun karena adanya penjajahan Jepang dan terjadinya perang dunia II maka pembangunan Kebun Bojong terhenti.

gembira loka jogja 8

Pada tahun 1949 ketika pusat pemerintahan kembali dipindah ke Jakarta, dicetuskan kembali ide pembuatan tempat hiburan untuk Yogyakarta dari pemerintah pusat. Lebih tepatnya melanjutkan pembangunan Kebun Bojong. Ide tersebut dicetuskan oleh Januismadi dan Hadi, SH. Namun ternyata pembangunan Kebun Bojong belum dapat terealisasikan dengan baik. Hingga akhirnya pada tahun 1953 didirikanlah Yayasan Gembira Loka Yogyakarta sebagai realisasi dari Kebun Bojong. Pembangunannya sesuai dengan akta notaris RM. Wiranto No. 11 tanggal 10 September 1953, yang diketuai oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIII. Maka semenjak saat itulah tempat hiburan Gembira Loka Jogja ada hingga sekarang.

gembira loka jogja 6

  • Akses

Kebun Binatang Gembira Loka Jogja terletak di Jl. Kebun Raya no 2 Yogyakarta atau di tepi Jalan Kusumanegara. Obyek ini Terletak di Kecamatan Kota Gede dan Kecamatan Umbulharjo serta dipisahkan oleh sungai Gajah Wong. Letaknya berada di tengah-tengah Kota Yogyakarta menjadikannya mudah diakses wisatawan. Wisatawan pun dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, yaitu bus umum jalur 7 dan 9 atau dapat menggunakan bis Transjogja 1B.

  • Keistimewaan

Kebun Binatang Gembira Loka Jogja telah dikenal masyarakat Indonesia secara luas sehingga tiap tahunnya terhitung ada 1,5 juta orang pengunjung. Obyek wisata ini dibangun di atas tanah seluas 20,4 ha dan sampai saat ini telah mempunyai koleksi lebih dari 500 flora serta lebih dari 400 jenis fauna. Selain itu di obyek wisata juga terdapat laboratorium alam flora fauna yang dibangun pada tahun 2007, sebagai tempat mewadahi minat keilmuwan wisatawan dalam bidang sains.

gembira loka jogja

gembira loka jogja 7

Ada juga sebagai ajang lebih asyik bagi wisata yang hobi bermain-main. Yakni wisatawan dapat langsung bermain bersama para binatang dengan aksi menunggangi gajah dan unta serta berfoto bersama burung kakaktua, orangutan, atau ular. Wisatawan juga dapat bermain dengan beberapa fasilitas yang tersedia seperti: kereta mini, perahu angsa, sampai flying fox. Dengan keunggulan fasilitas tersebut pantas jika Gembira Loka dijadikan tempat rekreasi utama di Yogyakarta.

gembira loka jogja 4

  • Jam Buka

Gembira Loka buka setiap hari mulai pukul 07.30-17.30 WIB, sedangkan pada hari minggu atau libur buka sampai 07.30-19.30 WIB.

  • Tiket

Tiket masuk hari biasa seharga Rp. 20.000, sedangkan hari libur seharga Rp. 25.000,. selain itu ada wahana-wahana bermain dengan harga tiket berbeda-beda, sebagai berikut:

perahu kayuh: Rp. 15.000,

kapal kataraman, gajah tunggang, unta tunggang, kolam tanggap: Rp. 10.000

kano engkol, kereta mini: Rp. 5.000

skuter air, ATV, perahu senggol, perahu boat, perahu banana, terapi ikan: Rp. 20.000

 

Related Post

Leave a reply