Candi Ijo Yogyakarta

candi ijo 3

  • Akses

Candi Ijo Yogyakarta ditemukan di atas sebuah bukit yang diberi nama Bukit Ijo atau Gumuk Ijo yang tingginya sekitar 410 m di atas permukaan laut. Dari sinilah maka kemudian candi ini dinamakan Candi Ijo. Candi Ijo terletak di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lebih tepatnya berada sebelah tenggara Candi Prambanan. Untuk menemukan candi ini tidaklah sulit karena berada sebelah timur Bandara Adi Sutjipto. Wisatawan dapat mengaksesnya dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti: bis Trans Jogja 1A dan 1B atau dengan menyewa taksi.

  • Keindahan & Filosofi Candi

Candi Ijo merupakan candi yang letaknya paling tinggi di Yogyakarta. Oleh karenanya ketika berkunjung ke candi ini wisatawan dapat melihat pemandangan-pemandangan sekitar yang eksotik, seperti alam pertanian Sleman yang hijau meneduhkan. Wisatawan juga dapat melihat Bandara Adisutjipto di sebelah barat, diselilingi hilir mudik pesawat-pesawatnya. Namun, asal tahu bahwa candi ini lah yang menyebabkan Bandara Adisutjipto tidak dapat diperpanjang lagi ke arah timur.

candi ijo 2

Bangunan candi agama Hindu ini memiliki susunan berbentuk berundak. Bentuk berundak ini merupakan hasil akulturasi antara budaya Hindu dan Budha pada zaman dulu. Ini membuatnya istimewa karena pola seperti ini jarang ditemukan di Yogyakarta, tapi banyak ditemukan pada candi di Jawa Timur.

candi ijo 4

Bangunan candi terdiri dari 17 struktur yang terbagi dalam 11 teras berundak. Halaman paling sakral berada di bagian belakang dan atas. Pada halaman utama ditemukan pagar berkeliling, delapan buah lingga patok, dan empat bangunan yaitu candi utama dan tiga candi perwara yang terletak berjajar di depan candi utama.Candi utama memiliki pintu masuk di sebelah barat. Pada dinding luar candi terdapat relung untuk menempatkan arca Agastya, Ganesha dan Durga. Arca-arca tersebut sekarang disimpan di Kantor Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta. Di dalam candi terdapat lingga yoni yang melambangkan Dewa Siwa yang menyatu dengan Dewi Parwati.

candi ijo

            Candi Ijo memiliki beberapa prasasti lain antara lain prasasti batu berukuran 14×9 cm bertuliskan mantra berbunyi “Om Sarwwawinasa, Sarwawinasa” sebanyak 16 kali. Ada juga dua buah prasasti yang diberi lambang huruf F bertuliskan Guywan atau Bluyutan, yang artinya pertapaan. Prasasti ini terletak di teras candi ke-9. Pada candi perwara teras ke-11 terdapat sebuah tempat mirip tempat api pengorbanan (homa).

candi ijo 5

  • Tiket

Mengunjungi Candi Ijo Yogyakarta tidak ada patokan harga tiket. Para wisatawan boleh membayar berapapun secara sukarela.

Related Post

Leave a reply