Destinasi Tempat Wisata Alam di Yogyakarta yang Terbaik

Air terjun sri gethuk

Air terjun sri gethuk

Destinasi Tempat Wisata Alam di Yogyakarta yang Terbaik

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Yogyakarta selalu menjadi salah satu tempat wisata favorit yang dituju oleh para wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal, wisatawan asingpun menjadikan kota ini sebagai tujuan wisata. Hampir setiap hari, kota yang dikenal sebagai kota gudeg ini dikunjungi wisatawan dari berbagai macam usia. Salah satu tujuan wisata mereka adalah tempat wisata alam di Jogja.

 

Sebenarnya, kota pelajar ini memiliki beragam jenis wisata. Ada wisata alam, taman hiburan, kuliner, budaya, edukatif, hingga tempat wisata belanjapun tersedia secara lengkap. Dalam artikel ini akan disebutkan beberapa tempat wisata alam di Jogja.

 

Apa Saja Tempat Wisata Alam di Jogja?

Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata alam yang terdapat di daerah pegunungan dan juga wilayah pantai. Bagi Anda para pendaki, wisata gunung Merapi dapat dimasukkan ke dalam daftar. Di kawasan ini Anda dapat melihat pemandangan sunrise yang indah. Selain itu, menantang adrenalindengan berarum jeram juga dapat Anda masukkan ke dalam daftar liburan di Yogyakarta.

 

Untuk pantai, Anda juga dapat menikmati keindahan sunset di pantai-pantai Yogyakarta. Masuk ke dalam perut bumi melalui gua-gua di Yogyakarta akan menjadikan liburan Anda berbeda. Untuk membantu Anda mendapatkan liburan yang menyenangkan, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata alam di Jogja yang harus Anda kunjungi.

 

Tempat Wisata di Jogja yang Patut untuk Dikunjungi.

Pertama, desa wisata Kalibiru. Letaknya di bukit Menoreh, Kulonprogo, sebelah Barat kota Yogyakarta. Di tempat ini Anda dapat menikmati keindahan bukit Menoreh dan waduk Sermo. Selain itu, Anda juga dapat memacu adrenalin dengan bermain flying fox di atas bukit.

 

Kedua, puncak Kosakora. Letaknya di Pantai Drini, Gunung Kidul. Tiket masuknya sangat murah, yakni Rp 2.000,- per orang. Anda juga dapat menikmati puncak Kosakora dengan mendirikan tenda. Harga sewa tendanya hanya Rp 60.000,- untuk tenda kecil, dan Rp 100.000,- untuk tenda besar.

 

Ketiga, gua Jomblang yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika Anda berkunjung ke gua Jomblang sekitar jam 10 sampai jam 12 siang, Anda akan disajikan pemandangan yang indah. Cahaya matahari yang masuk ke dalam gua terlihat sangat indah dan biasa disebut sebagai cahaya surga. Selain itu, di dalam gua Jomblang juga terdapat hutan purba yang cantik.

 

Keempat, cave tubing Kalisuci. tempat wisata alam di Jogja ini letaknya di Semanu, Gunung Kidul. Anda akan mendapatkan pengalaman berharga dengan menyusuri sungai bawah dengan menggunakan ban pelampung. Melalui sungai bawah tanah itu, Anda akan melihat keindahan gua Kalisuci dan Gelatik. Stalaktit dan stalakmit di dalam gua akan membuat liburan Anda menjadi lebih berkesan.

 

Kelima, gua Kiskendo. Wisata ini terletak di Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Dalam gua ini, Anda akan melihat potongan-potongan kisah tentang Ramayana yang tertulis di dinding gua. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan keindahan stalaktit melalui lorong-lorong gua. Tiket masuk ke wisata alam ini hanya Rp 3.000,- per orang.

 

Keenam, pantai Nglambor. Wisata ini terletak di Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Bagi Anda pecinta snorkeling, menaklukkan pantai Selatan sepertinya tidak mungkin dilakukan. Namun, Anda dapat menaklukkan pantai Selatan dengan snorkeling di pantai Nglambor.

 

Ketujuh, kedung Pedhut. Letaknya di Kedhung Pedhut merupakan water park alami yang dapat Anda kunjungi. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari kolam yang berwarna hijau toska. Biaya masuknya hanya Rp 3.000,- per orang.

 

Itulah beberapa tempat wisata alam di Jogja yang patut untuk Anda kunjungi. Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut, liburan Anda akan jauh lebih menyenangkan. Selamat berlibur dan selamat berwisata di Yogyakarta.

 

goa jogja obyek wisata Pantai Jogja Wisata Alam Jogja

Author: 
    author
    JogjaLand

    Related Post

    Comments are closed.