Berwisata ke Sulawesi, Jangan Lewatkan 5 Kuliner ini

Sulawesi merupakan salah sau wilayah yang ada di Indonesia yang terdiri dari berbagai macam keunikan, Slawesi menjadi daerah yang harus dikunjungi oleh para traveller, banyaknya tempat wisata yang menarik membuat nilai tambah tersendiri, dan tidak hanya tempat wisata yang harus dicoba melainkan hidangan atau kuliner khasnya dari daerah Sulawesi ini juga patut untuk dinikmati.

Ada beberapa makanan yang sangat fenomenal yang dapat kita temukan di daerah Sulawesi dan wajib kalian coba ketika berada disana.  Berikut 5 kuliner khas Sulawesi yang wajid dicoba oleh para traveller :

 

  1. Kaledo

a1

(Foto : http://ariffadlillah.com/menikmati-kaledo-santapan-khas-kota-palu)

Sup kaledo ini memiliki rasa pedas dan asam. Sup Kaledo berasal dari kota palu yang menjadi ibu kota Sulawesi Tengah. Sup Kaledo ini dibuat dengan bahan utama daging sapi dan juga sumsum tulang yang direbus dengan rempah-rampah hingga menghasilkan kaldu yang sangat segar dan membuat daging dan tulang sapi tersebut terasa lembut. Sangat memanjakan lidah kita bukan?

 

  1. Onyop

a2

(Foto : instagram.com/dinamase)

Onyop merupakan nama yang unik untuk makanan ini. Onyop di daerah pulau Jawa biasa disebut jenang, namun pada Sulawesi Tengah onyop merupakan makanan yang disajikan dengan kuah asam.

Bahan dasar dari onyop ini sendiri adalah sagu yang diuleni dan dikukus. Dengan tekstur sagu yang kenyal dan dimakan dengan kuah asam ikan. Rasa asam yang ada pada onyop berasal dari perasan jeruk nipis/lemon yang diberikan pada kuah ikan dan kemudian disajikan bersama onyop. Kuah ini juga memberi rasa asam dan segar.

 

  1. Lalampa

a3

(Foto : Instagram.com/dapoersikoko)

Makanan jenis camilan ini berbahan dasar beras dan ikan cakalang yang dibungkus dengan daun pisang dan di masak dengan cara di bakar. Camilan ini juga dapat ditemukan di beberapa daerah Sulawesi. Sekilas makanan mirip dengan khas Jawa. Tetapi rasa yang di hasilkan akan berbeda dengan cara memasaknya dibakar.

 

  1. Milu Siram

a4

(Foto : id.pinterest.com/mariniastary)

Nama yang unik lagi pada makanan khas Sulawesi yang satu ini.

Makanan ini adalah makanan yang berkuah semacam sup jagung. Makanan ini berbahan dasar jagung muda dan makanan ini juga biasa disebut dengan nama binte biluhuta. Namun biasanya milu siram di sajikan dengan campuran bahan-bahan yang lain, contoh nya ikan atau udang sehingga lebih bergizi.

Rasa dari milu suram adalah pedas, asin dan manis sesuai selera kita saja. Selain lezat, milu siram juga baik untuk kesehatan yaitu bisa menurunkan kolesterol.

 

 

  1. Tinutuan

a5

(Foto : Shutterstock/Paramita Damayanti)

Hampir sama dengan milu siram, tinutuan juga sering disebut dengan bubur manado. Bubur ini terlihat hampir sama dengan bubur seperti biasanya yang membedakan bubur ini dibuat dengan banyak sayur yang dicampur jadi satu sehingga membuat bubur ini semakin sehat. Bagi yang tidak suka sayur, bubur Manado ini bisa jadi solusi agar dapat memakan sayuran.

 

Penulis : M. Ahib Hasnan A 

Pimpinan Redaksi : M. Reza Afrizal

Editor : Rifky Sutanto

Layouter : Moh. Sami’udin

 

Related Post

Comments are closed.